%L UNY25610 %A Haryanti Ratna Dewi %I Universitas Negeri Yogyakarta %T PERSEPSI GURU-GURU TERHADAP KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH PEREMPUAN DI SMA NEGERI SE-KOTA YOGYAKARTA %D 2015 %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) persepsi guru-guru terhadap kepemimpinan kepala sekolah perempuan, dan (2) perbedaan antara persepsi guru laki-laki dan perempuan terhadap kepemimpinan kepala sekolah perempuan di SMA Negeri se-Kota Yogyakarta Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah guru-guru dari SMA Negeri di Kota Yogyakarta yang sedang dipimpin oleh kepala sekolah perempuan, yang berjumlah 210 guru. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan proportional random sampling, dengan besarnya sampel 138 guru. Data dikumpulkan menggunakan angket dengan struktur pertanyaan tertutup. Validitas instrumen menggunakan validitas isi, sedangkan reliabilitas menggunakan teknik Alpha dari Cronbach. Data dianalisis secara deskriptif dan menggunakan statistik uji t. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) Persepsi guru-guru terhadap kepemimpinan kepala sekolah perempuan di SMA Negeri se-Kota Yogyakarta termasuk dalam kategori mampu (26,1% guru menyatakan sangat mampu, 44,9% guru menyatakan mampu, 25,4% guru menyatakan kurang mampu, dan 3,6% guru menyatakan tidak mampu). Aspek-aspek kepemimpinan kepala sekolah perempuan yang dinilai meliputi: dorongan pribadi, keterampilan komunikasi, keterampilan sosial dan pengetahuan relasi insani, kemampuan manajerial, stabilitas emosi, kekuatan/daya tahan, kemampuan mengajar, objektivitas, dan kejujuran. (2) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara persepsi guru laki-laki dan perempuan terhadap kepemimpinan kepala sekolah perempuan, dengan nilai t=1,364 dan p = 0,175 > 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa pada dasarnya, dalam kepemimpinan kepala sekolah, responden tidak mempermasalahkan jenis kelamin pemimpinnya, asal memiliki kemampuan dan kompetensi yang memadai untuk memimpin bawahannya.