<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA IT ABU BAKAR YOGYAKARTA"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1). Proses implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran sejarah di SMA IT Abu Bakar, (2). Factor pendukung dalam proses implementasi dalam pembelajaran sejarah di SMA IT Abu Bakar, (3). Kendala yang dihadapi guru dalam implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran Sejarah di SMA IT Abu Bakar Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan pendekataan kualitatif. Subjek penelitian ini Kepala Sekolah, guru Sejarah,Waka Kurikulum dan juga siswa SMA IT Abu Bakar Yogyakarta. Data hasil penelitian diperoleh dengan menggunakan sistim wawancara ,observasi, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan untuk menguji keabsahan data yaitu teknik triangulasi data sumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran Sejarah di SMA IT Abu Bakar Yogyakarta diawali dengan menyusun perencanaan pembelajaran berupa silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang mencantumkan nilai-nilai karakter. Nilai yang dikembangkan dalam pembelajaran merupakan nilai karakter yangdisusun oleh sekolah. Untuk memunculkan nilaitersebut, guru menggunakan metode ceramah dan diskusi. Dalam pelaksanaanya, pembelajaran Sejarah mengacu padatiga pilar pendidikan karakter yang meliputi moral knowing, moral feeling, dan moral doing. (2)Faktor pendukung proses implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran Sejarah meliputi: muatan pelajaran sejarah yang berisi tetntang kisah masa lalu yang mampu menjadi panutan dan penuh dengan nilai-nilai. Kurikulum SMA IT yang memiliki cirri khas yakni perpaduan antara Kurikulum sekolah biasa dengan kepesantrenan atau kurikulum khas Islam Terpadu. Lingkungan sekolah yang mendukung, (3) Kendala proses Implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran Sejarah meliputi faktor fisik berupa belum adanya laboratorium Sejarah, dan non fisik yang berupa muatan materi Sejarah yang terlalu banyak, keterbatasan guru dalam mengarahkan siswa dan memantau perkembangan siswa, dan pengawasan siswa di rumah yang kurang sinkron dengan sekolah\r\nKata Kunci: Implementasi, Pendidikan Karakter, Pembelajran Sejarah"^^ . "2015" . . . "Fakultas Ilmu Sosial"^^ . . . "FIS, Fakultas Ilmu Sosial"^^ . . . . . . . . . "TAAT SETYA"^^ . "BUDI"^^ . "TAAT SETYA BUDI"^^ . . "Harianti"^^ . . . . . . . "IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA IT ABU BAKAR YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . "SKRIPSI 10406241011.swf"^^ . . "HTML Summary of #25600 \n\nIMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA IT ABU BAKAR YOGYAKARTA\n\n" . "text/html" . . . "Sejarah"@en . .