%0 Thesis %9 S1 %A Utaminingrum, Septiana %B Fakultas Ilmu Pendidikan %D 2015 %F UNY:25578 %I PGSD %T PENGARUH MEDIA AUDIOVISUAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA SISWA KELAS V SD DI KECAMATAN PANDAK BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA %U http://eprints.uny.ac.id/25578/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh yang signifikan pada keterampilan menyimak cerita siswa kelas V SD di kecamatan Pandak Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta yang diajar menggunakan media audiovisual, dan (2) perbedaan pengaruh media audiovisual dalam pembelajaran keterampilan menyimak cerita siswa kelas V SD Di Kecamatan Pandak Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta dibanding menggunakan metode konvensional (ceramah) dalam meningkatkan keterampilan menyimak cerita siswa kelas V SD Di Kecamatan Pandak Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pre-eksperimental designs dengan metode one group pre-test-post-test design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V di Sekolah Dasar di kecamatan Pandak Bantul yang berjumlah 40 siswa. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes awal (pre-test) dan tes akhir (pos-test). Teknik analisis data menggunakan uji paired t test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media audiovisual terhadap efektifitas pembelajaran keterampilan menyimak cerita siswa kelas V SD Di Kecamatan Pandak Bantul Yogyakarta. Hal ini ditunjukkan dari nilai nilai thitung lebih besar dari pada ttabel (12,353>2,042), dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari signifikansi 0,05 (0,000<0,05); dan (2) terdapat perbedaan pengaruh media audiovisual dalam pembelajaran keterampilan menyimak cerita siswa kelas V SD di kecamatan Pandak Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta dibanding menggunakan metode konvensional yang ditunjukkan dari hasil nilai rata-rata pada posttest lebih besar dari pada pada pretest (17,65>14,65). Besarnya peningkatan tingkat keterampilan menyimak cerita siswa kelas V SD di kecamatan Pandak Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta yang diajar menggunakan metode konvensional dan tingkat keterampilan menyimak cerita siswa kelas V SD di kecamatan Pandak Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta yang diajar menggunakan media audiovisual sebesar 3,00. Kata Kunci: media audio visual, keterampilan menyimak cerita, dan pembelajaran, bahasa indonesia