TY - THES UR - http://library.fis.uny.ac.id M1 - skripsi ID - UNY25576 TI - Studi Eksplorasi Kesulitan Guru IPS SMP di Kota Yogyakarta dalam Penilaian Pembelajaran IPS Berdasarkan Kurikulum 2013 AV - public A1 - Sari, Vivi Novita Indah PB - Fakultas Ilmu Sosial N2 - Kesulitan yang dialami guru dalam penilaian berdasarkan Kurikulum 2013 merupakan suatu fenomena yang perlu diteliti. Penelitian ini bertujuan mengetahui jenis-jenis kesulitan dan persentase Guru IPS SMP di Kota Yogyakarta yang mengalaminya selama melakukan penilaian berdasarkan Kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian eksploratif. Populasi penelitian adalah Guru IPS SMP di Kota Yogyakarta yang pernah mengajar dengan Kurikulum 2013 sejumlah 129 guru. Jumlah sampel sebanyak 95 guru diambil berdasarkan tabel Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan 5%. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Uji validitas instrumen dengan Korelasi Point Biserial dan uji reliabilitas dengan Kuder Richardson-20. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis-jenis kesulitan yang dialami Guru IPS SMP di Kota Yogyakarta selama melakukan penilaian pembelajaran IPS berdasarkan Kurikulum 2013 meliputi kesulitan dalam perencanaan, pelaksanaan, pengolahan dan pelaporan, serta pemanfaatan hasil. Persentase Guru IPS SMP di Kota Yogyakarta yang mengalami kesulitan pada perencanaan sebesar 59,63%, pelaksanaan sebesar 51,71%, pengolahan dan pelaporan sebesar 63,05%, serta pemanfaatan hasil sebesar 50,88%. Kata Kunci: Kesulitan Guru IPS SMP, Penilaian Kurikulum 2013 Y1 - 2015/// ER -