%0 Thesis %9 S1 %A Triono, Slamet %A Saliman, %B FIS %D 2015 %F UNY:25573 %I Fakultas Ilmu Sosial %T PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL IPS DENGAN TEMA DINAMIKA KEPENDUDUKAN DAN PEMBANGUNAN NASIONAL UNTUK SISWA SMP KELAS VIII SEMESTER I %U http://eprints.uny.ac.id/25573/ %X Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui kelayakan modul IPS dari penilaian ahli media, 2) mengetahui kelayakan modul IPS dari penilaian ahli materi, 3) mengetahui tanggapan siswa dari uji keterbacaan modul IPS pada kelompok kecil dan penerapan kelas. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (reseach and development) dengan tahap pengembangan dilakukan sampai dianggap baik. Kemudian dilakukan uji pakar, uji kelompok kecil dan uji keterbacaan siswa. Kelayakan uji pakar dilakukan oleh ahli media dan ahli materi, sedangkan uji keterbacaan siswa dilakukan oleh siswa VIII C SMP N 3 Depok dengan jumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif yang diungkapkan dalam distribusi skor skala lima terhadap kategori skala penilaian yang telah ditentukan. Modul dianggap baik jika penilaian oleh ahli materi dan ahli media memiliki kategori rerata skor minimum pada kategori “cukup”. Hasil uji kelayakan modul sebagai berikut: 1) hasil penilaian ahli media menunjukan rerata 4,5 dan menghasilkan nilai kategori “sangat baik”, 2) hasil penilaian ahli materi menunjukan rerata 4 dan menghasilkan nilai kategori “baik”, 3) Hasil uji keterbacaan modul oleh siswa pada kelompok kecil menunjukan rerata 4,4 dan menghasilkan nilai kategori “sangat baik” sedangkan uji penerapan kelas menunjukan nilai rerata 4 dan menghasilkan nilai kategori “baik”.