@phdthesis{UNY25568,
           month = {August},
          author = {Dzikrina Dzikrina Istighfaroh},
           title = {KEEFEKTIFAN STRATEGI  
SURVEY- QUESTION- PREDICT- READ- RESPOND- SUMMARIZE  
DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN  
TEKS EKSPLANASI  
PADA SISWA KELAS VII SMP N 1 SALAMAN  
MAGELANG JAWA TENGAH},
          school = {Universitas Negeri Yogyakarta},
            year = {2015},
        abstract = {Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui  perbedaan  kemampuan 
membaca pemahaman  teks eksplanasi antara siswa yang mendapat pembelajaran 
menggunakan strategi pembelajaran  SQP2RS  dan siswa yang  mendapat 
pembelajaran menggunakan metode saintifik. Selain itu, penelitian ini bertujuan 
untuk membuktikan keefektifan strategi  SQP2RS  dalam pembelajaran membaca 
pemahaman  teks eksplanasi  siswa kelas VII SMP Negeri 1 Salaman Magelang 
Jawa Tengah.  
Penelitian ini merupakan penelitian  jenis eksperimen  semu  dengan 
menggunakan  rancangan  pretest-posttest control group design.  Populasi 
penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Salaman  yang terbagi 
dalam enam kelas, sedangkan sampel penelitian adalah siswa kelas VII E sebagai 
kelas kontrol dan kelas  VII C  sebagai kelas eksperimen. Sampel penelitian 
tersebut dipilih teknik  simple  random sampling.  Variabel penelitian ini 
menggunakan variabel bebas dan variabel terikat.Variabel bebas adalah  strategi 
SQP2RS, sedangkan variabel terikat adalah kemampuan  membaca pemahaman 
eksplanasi setelah mendapatkan pembelajaran dengan strategi SQP2RS. Analisis 
data menggunakan uji-t untuk sampel berhubungan dan uji-t untuk sampel bebas 
yang dihitung menggunakan program komputer SPSS versi 16.0. 
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan kemampuan 
membaca pemahaman  eksplanasi  yang signifikan  antara siswa yang mendapat 
pembelajaran  membaca pemahaman  eksplanasi dengan menggunakan strategi 
SQP2RS  dan siswa yang mendapat pembelajaran  membaca pemahaman 
eksplanasi menggunakan metode saintifik. Hal tersebut ditunjukkan dengan hasil 
perhitungan uji-t untuk sampel bebas berupa skor  thitung sebesar 2,574, df sebesar 
54, dan P sebesar 0,013. Nilai P lebih kecil dari taraf signifikansi 5\%  (P 0,013 {\ensuremath{<}} 
0,05)  maka signifikan; (2)  Strategi  SQP2RS  efektif  digunakan dalam 
pembelajaran membaca pemahaman teks eksplanasi pada siswa kelas VII SMP N 
1 Salaman Magelang. Hal tersebut ditunjukkan oleh data skor pretes dan postes 
kelompok eskperimen bahwa  thitung  sebesar  7,467,  df sebesar 27,  dan P sebesar 
0,000.  Pemahaman siswa yang dilihat dari pemahaman literal, mereorganisasi, 
inferensial, evaluasi, dan apresiasi juga meningkat.},
             url = {http://eprints.uny.ac.id/25568/}
}