TY - THES AV - public TI - Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Android untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Abstrak dan Motivasi Belajar pada Materi Siklus Biogeokimia Kelas X KW - media pembelajaran biologi KW - multimedia pembelajaran KW - Adobe Flash CS6 KW - Android KW - siklus biogeokimia KW - kemampuan berpikir abstrak KW - motivasi belajar M1 - tesis ID - UNY25556 UR - http://eprints.uny.ac.id/25556/ Y1 - 2015/08/31/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui karakteristik multimedia pembelajaran berbasis Android pada materi siklus biogeokimia (2) mengembangkan multimedia pembelajaran berbasis Android pada materi siklus biogeokimia untuk peserta didik kelas X yang layak digunakan sebagai sumber belajar berupa media pembelajaran biologi dengan menggunakan program Adobe Flash CS6 (3) mengetahui hasil kemampuan berpikir abstrak peserta didik setelah menggunakan multimedia pembelajaran berbasis Android, dan (4) mengetahui motivasi belajar peserta didik selama proses pembelajaran menggunakan multimedia pembelajaran biologi berbasis Android. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang dilakukan dalam beberapa tahapan antara lain, studi pendahuluan, desain produk, pengembangan produk, validasi produk, uji coba produk, revisi produk, dan produk akhir. Populasi penelitian adalah peserta didik SMAN 6 Yogyakarta kelas X. Reviewer dalam penelitian ini terdiri atas, 1 orang ahli materi, 1 orang ahli media, 1 orang guru biologi, 3 orang teman sejawat, 15 peserta didik uji coba kelompok kecil, dan 27 peserta didik uji coba kelompok besar. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, observasi, pretes dan postes. Hasil penelitian ini menunjukkan sebagai berikut: (1) karakteristik multimedia pembelajaran berbasis Android yaitu memuat suatu materi atau teks, gambar, animasi, dan suara yang menunjang materi siklus biogeokimia yang dapat digunakan secara klasikal maupun individual tanpa terhubung internet, (2) hasil pengembangan multimedia pembelajaran biologi berbasis Android ditinjau dari aspek kualitas pembelajaran termasuk kriteria sangat baik, aspek kualitas kebenaran isi materi termasuk kriteria sangat baik, kualitas tampilan media termasuk kriteria sangat baik, dan kualitas desain teknis termasuk kriteria sangat baik. (3) Hasil kemampuan berpikir abstrak rata-rata sebesar 47,5 meningkat menjadi 75,5 atau nilai ketuntasan KKM sekitar 75%. (4) Hasil motivasi belajar peserta didik berdasarkan angket motivasi belajar pada uji coba lapangan mengalami peningkatan dalam kriteria sedang. Hasil observasi motivasi belajar pada uji coba lapangan menunjukkan peserta didik termotivasi dalam belajar terlihat bahwa peserta didik berpartisipasi aktif dan mengikuti pembelajaran dengan baik. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran biologi berbasis Android pada materi siklus biogeokimia layak digunakan sebagai media pembelajaran biologi untuk meningkatkan kemampuan berpikir abstrak dan motivasi belajar peserta didik kelas X di SMAN 6 Yogyakarta. A1 - Yogyanti, Aprilita PB - UNY ER -