<> <http://www.w3.org/2000/01/rdf-schema#comment> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <> <http://xmlns.com/foaf/0.1/primaryTopic> <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25537> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25537> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://purl.org/ontology/bibo/Thesis> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25537> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://purl.org/ontology/bibo/Article> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25537> <http://purl.org/dc/terms/title> "KEEFEKTIFAN STRATEGI QUESTIONS INTO PARAGRAPHS (QUIP) \r\nDALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA \r\nPADA SISWA KELAS VIII SMP PANDAK BANTUL"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25537> <http://purl.org/ontology/bibo/abstract> "Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan (1) ada tidaknya perbedaan \r\nkemampuan menulis teks berita yang signifikan antara siswa yang mengikuti \r\npembelajaran menggunakan strategi QUIP dengan siswa yang mengikuti \r\npembelajaran secara konvensional pada siswa kelas VIII SMP Pandak Bantul, dan \r\n(2) keefektifan strategi QUIP dalam pembelajaran menulis teks berita pada siswa \r\nkelas VIII SMP Pandak Bantul. \r\nPenelitian eksperimen semu ini menggunakan desain penelitian Pretest-\r\nPosttest Control Group Design. Variabel dalam penelitian ini adalah varibel bebas \r\nyang berupa strategi QUIP dan variabel terikat yang berupa kemampuan siswa \r\nmenulis teks berita. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII \r\nSMP Negeri 4 Pandak yang terdiri atas empat kelas. Sampel penelitian adalah \r\nsiswa VIII C sebagai kelas kontrol dan kelas VIII A sebagai kelas eksperimen. \r\nValiditas instrumen yang dilakukan adalah validitas isi oleh ahli (expert \r\njudgement). Uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas dan uji \r\nhomogenitas. Analisis data dilakukan menggunakan uji-t dengan bantuan program \r\nkomputer SPSS versi 16.0. \r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan \r\nmenulis teks berita yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran \r\nmenggunakan strategi QUIP dengan siswa yang mengikuti pembelajaran secara \r\nkonvensional pada siswa kelas VIII SMP Pandak Bantul. Hal tersebut ditunjukkan \r\ndengan hasil penghitungan uji-t nilai postes kelompok kontrol dan kelompok \r\neksperimen berupa nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel (thitung = 3,628> ttabel = \r\n2,008) pada taraf signifikansi 5% (0,05) dengan db 51 dan diperoleh nilai p = \r\n0,001 yang lebih kecil dari 0,05. Di samping itu, pembelajaran menulis teks berita \r\nmenggunakan strategi QUIP lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran \r\nmenulis teks berita secara konvensional pada siswa kelas VIII SMP Pandak \r\nBantul. Hal tersebut ditunjukkan dengan hasil penghitungan uji-t pada nilai pretes \r\ndan postes kelompok eksperimen serta selisih nilai rata-rata pretes dan postes \r\n(gain score) kedua kelompok penelitian. Hasil penghitungan uji-t pada nilai \r\npretes dan postes kelompok eksperimen menunjukkan nilai thitung lebih besar \r\ndaripada nilai ttabel (thitung = 9,297 > ttabel = 2,060) pada taraf signifikansi 5% (0,05) \r\ndengan db 25 dan diperoleh nilai p = 0,000 yang lebih kecil dari 0,05. Selisih nilai \r\nrata-rata pretes dan postes (gain score) pembelajaran menulis teks berita \r\nkelompok eksperimen sebesar 16,923, sedangkan pada kelompok kontrol sebesar \r\n7,778."^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25537> <http://purl.org/dc/terms/date> "2015-08-24" . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/223294> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://purl.org/ontology/bibo/Document> . <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-a85efd1f3f9ce0d1326e8eecc140c61e> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://xmlns.com/foaf/0.1/Organization> . <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-a85efd1f3f9ce0d1326e8eecc140c61e> <http://xmlns.com/foaf/0.1/name> "Universitas Negeri Yogyakarta"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25537> <http://purl.org/dc/terms/issuer> <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-a85efd1f3f9ce0d1326e8eecc140c61e> . <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-cea9c1c3b329d2e5ed33ae1a74d18f5b> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://xmlns.com/foaf/0.1/Organization> . <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-cea9c1c3b329d2e5ed33ae1a74d18f5b> <http://xmlns.com/foaf/0.1/name> "Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Negeri Yogyakarta"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-cea9c1c3b329d2e5ed33ae1a74d18f5b> <http://purl.org/dc/terms/isPartOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-a85efd1f3f9ce0d1326e8eecc140c61e> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25537> <http://purl.org/dc/terms/issuer> <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-cea9c1c3b329d2e5ed33ae1a74d18f5b> . <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-a85efd1f3f9ce0d1326e8eecc140c61e> <http://purl.org/dc/terms/hasPart> <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-cea9c1c3b329d2e5ed33ae1a74d18f5b> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25537> <http://purl.org/dc/terms/creator> <http://eprints.uny.ac.id/id/person/ext-238efdb3ee221377c23395948526d08b> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25537> <http://purl.org/ontology/bibo/authorList> <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25537#authors> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25537#authors> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#_1> <http://eprints.uny.ac.id/id/person/ext-238efdb3ee221377c23395948526d08b> . <http://eprints.uny.ac.id/id/person/ext-238efdb3ee221377c23395948526d08b> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://xmlns.com/foaf/0.1/Person> . <http://eprints.uny.ac.id/id/person/ext-238efdb3ee221377c23395948526d08b> <http://xmlns.com/foaf/0.1/givenName> "Dian"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/person/ext-238efdb3ee221377c23395948526d08b> <http://xmlns.com/foaf/0.1/familyName> "Nurvita Sari"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/person/ext-238efdb3ee221377c23395948526d08b> <http://xmlns.com/foaf/0.1/name> "Dian Nurvita Sari"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25537> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://eprints.org/ontology/EPrint> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25537> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://eprints.org/ontology/ThesisEPrint> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25537> <http://purl.org/dc/terms/isPartOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/repository> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25537> <http://eprints.org/ontology/hasDocument> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/223294> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/223294> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://eprints.org/ontology/Document> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/223294> <http://www.w3.org/2000/01/rdf-schema#label> "KEEFEKTIFAN STRATEGI QUESTIONS INTO PARAGRAPHS (QUIP) \r\nDALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA \r\nPADA SISWA KELAS VIII SMP PANDAK BANTUL (Text)"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/223294> <http://eprints.org/ontology/hasFile> <http://eprints.uny.ac.id/25537/1/SKRIPSI%20Dian%20Nurvita%20Sari_11201241020.pdf> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/223294> <http://purl.org/dc/terms/hasPart> <http://eprints.uny.ac.id/25537/1/SKRIPSI%20Dian%20Nurvita%20Sari_11201241020.pdf> . <http://eprints.uny.ac.id/25537/1/SKRIPSI%20Dian%20Nurvita%20Sari_11201241020.pdf> <http://www.w3.org/2000/01/rdf-schema#label> "SKRIPSI Dian Nurvita Sari_11201241020.pdf"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25537> <http://eprints.org/ontology/hasDocument> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/223295> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/223295> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://eprints.org/ontology/Document> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/223295> <http://www.w3.org/2000/01/rdf-schema#label> "KEEFEKTIFAN STRATEGI QUESTIONS INTO PARAGRAPHS (QUIP) \r\nDALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA \r\nPADA SISWA KELAS VIII SMP PANDAK BANTUL (Other)"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/223295> <http://eprints.org/relation/isVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/223294> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/223295> <http://eprints.org/relation/isVolatileVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/223294> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/223295> <http://eprints.org/relation/isIndexCodesVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/223294> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/223295> <http://eprints.org/ontology/hasFile> <http://eprints.uny.ac.id/25537/2/indexcodes.txt> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/223295> <http://purl.org/dc/terms/hasPart> <http://eprints.uny.ac.id/25537/2/indexcodes.txt> . <http://eprints.uny.ac.id/25537/2/indexcodes.txt> <http://www.w3.org/2000/01/rdf-schema#label> "indexcodes.txt"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25537> <http://eprints.org/ontology/hasDocument> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/223296> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/223296> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://eprints.org/ontology/Document> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/223296> <http://www.w3.org/2000/01/rdf-schema#label> "KEEFEKTIFAN STRATEGI QUESTIONS INTO PARAGRAPHS (QUIP) \r\nDALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA \r\nPADA SISWA KELAS VIII SMP PANDAK BANTUL (Other)"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/223296> <http://eprints.org/relation/isVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/223294> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/223296> <http://eprints.org/relation/isVolatileVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/223294> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/223296> <http://eprints.org/relation/islightboxThumbnailVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/223294> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/223296> <http://eprints.org/ontology/hasFile> <http://eprints.uny.ac.id/25537/3/lightbox.jpg> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/223296> <http://purl.org/dc/terms/hasPart> <http://eprints.uny.ac.id/25537/3/lightbox.jpg> . <http://eprints.uny.ac.id/25537/3/lightbox.jpg> <http://www.w3.org/2000/01/rdf-schema#label> "lightbox.jpg"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25537> <http://eprints.org/ontology/hasDocument> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/223297> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/223297> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://eprints.org/ontology/Document> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/223297> <http://www.w3.org/2000/01/rdf-schema#label> "KEEFEKTIFAN STRATEGI QUESTIONS INTO PARAGRAPHS (QUIP) \r\nDALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA \r\nPADA SISWA KELAS VIII SMP PANDAK BANTUL (Other)"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/223297> <http://eprints.org/relation/isVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/223294> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/223297> <http://eprints.org/relation/isVolatileVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/223294> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/223297> <http://eprints.org/relation/ispreviewThumbnailVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/223294> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/223297> <http://eprints.org/ontology/hasFile> <http://eprints.uny.ac.id/25537/4/preview.jpg> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/223297> <http://purl.org/dc/terms/hasPart> <http://eprints.uny.ac.id/25537/4/preview.jpg> . <http://eprints.uny.ac.id/25537/4/preview.jpg> <http://www.w3.org/2000/01/rdf-schema#label> "preview.jpg"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25537> <http://eprints.org/ontology/hasDocument> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/223298> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/223298> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://eprints.org/ontology/Document> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/223298> <http://www.w3.org/2000/01/rdf-schema#label> "KEEFEKTIFAN STRATEGI QUESTIONS INTO PARAGRAPHS (QUIP) \r\nDALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA \r\nPADA SISWA KELAS VIII SMP PANDAK BANTUL (Other)"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/223298> <http://eprints.org/relation/isVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/223294> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/223298> <http://eprints.org/relation/isVolatileVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/223294> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/223298> <http://eprints.org/relation/ismediumThumbnailVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/223294> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/223298> <http://eprints.org/ontology/hasFile> <http://eprints.uny.ac.id/25537/5/medium.jpg> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/223298> <http://purl.org/dc/terms/hasPart> <http://eprints.uny.ac.id/25537/5/medium.jpg> . <http://eprints.uny.ac.id/25537/5/medium.jpg> <http://www.w3.org/2000/01/rdf-schema#label> "medium.jpg"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25537> <http://eprints.org/ontology/hasDocument> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/223299> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/223299> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://eprints.org/ontology/Document> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/223299> <http://www.w3.org/2000/01/rdf-schema#label> "KEEFEKTIFAN STRATEGI QUESTIONS INTO PARAGRAPHS (QUIP) \r\nDALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA \r\nPADA SISWA KELAS VIII SMP PANDAK BANTUL (Other)"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/223299> <http://eprints.org/relation/isVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/223294> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/223299> <http://eprints.org/relation/isVolatileVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/223294> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/223299> <http://eprints.org/relation/issmallThumbnailVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/223294> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/223299> <http://eprints.org/ontology/hasFile> <http://eprints.uny.ac.id/25537/6/small.jpg> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/223299> <http://purl.org/dc/terms/hasPart> <http://eprints.uny.ac.id/25537/6/small.jpg> . <http://eprints.uny.ac.id/25537/6/small.jpg> <http://www.w3.org/2000/01/rdf-schema#label> "small.jpg"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25537> <http://www.w3.org/2000/01/rdf-schema#seeAlso> <http://eprints.uny.ac.id/25537/> . <http://eprints.uny.ac.id/25537/> <http://purl.org/dc/elements/1.1/title> "HTML Summary of #25537 \n\nKEEFEKTIFAN STRATEGI QUESTIONS INTO PARAGRAPHS (QUIP) \nDALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA \nPADA SISWA KELAS VIII SMP PANDAK BANTUL\n\n" . <http://eprints.uny.ac.id/25537/> <http://purl.org/dc/elements/1.1/format> "text/html" . <http://eprints.uny.ac.id/25537/> <http://xmlns.com/foaf/0.1/primaryTopic> <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25537> . <http://eprints.uny.ac.id/id/subject/E1> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://www.w3.org/2004/02/skos/core#Concept> . <http://eprints.uny.ac.id/id/subject/E1> <http://www.w3.org/2004/02/skos/core#prefLabel> "Bahasa dan Sastra Indonesia"@en . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25537> <http://purl.org/dc/terms/subject> <http://eprints.uny.ac.id/id/subject/E1> .