%0 Thesis
%9 S1
%A Nurvita Sari, Dian
%B Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
%D 2015
%F UNY:25537
%I Universitas Negeri Yogyakarta
%T KEEFEKTIFAN STRATEGI QUESTIONS INTO PARAGRAPHS (QUIP)   DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA   PADA SISWA KELAS VIII SMP PANDAK BANTUL
%U http://eprints.uny.ac.id/25537/
%X Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan  (1)  ada tidaknya  perbedaan   kemampuan  menulis teks berita yang signifikan antara siswa yang  mengikuti   pembelajaran menggunakan strategi  QUIP  dengan siswa yang  mengikuti   pembelajaran secara konvensional pada siswa kelas VIII SMP Pandak Bantul, dan   (2) keefektifan strategi QUIP dalam pembelajaran menulis teks berita pada siswa   kelas VIII SMP Pandak Bantul.    Penelitian eksperimen  semu  ini menggunakan desain penelitian  Pretest-  Posttest Control Group Design. Variabel dalam penelitian ini adalah varibel bebas   yang berupa strategi QUIP  dan  variabel terikat yang berupa  kemampuan  siswa   menulis teks berita. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII   SMP Negeri 4 Pandak  yang terdiri  atas  empat  kelas. Sampel penelitian  adalah   siswa VIII C  sebagai kelas  kontrol  dan kelas VIII A  sebagai kelas  eksperimen.   Validitas  instrumen  yang dilakukan adalah validitas isi oleh ahli  (expert   judgement).  Uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas dan uji   homogenitas. Analisis data dilakukan menggunakan uji-t dengan bantuan program   komputer SPSS versi 16.0.    Hasil penelitian  menunjukkan bahwa  terdapat  perbedaan  kemampuan   menulis teks berita yang signifikan antara siswa yang  mengikuti  pembelajaran   menggunakan strategi QUIP  dengan siswa yang mengikuti  pembelajaran secara   konvensional pada siswa kelas VIII SMP Pandak Bantul. Hal tersebut ditunjukkan   dengan hasil penghitungan  uji-t  nilai  postes  kelompok kontrol dan kelompok   eksperimen  berupa  nilai  thitung  lebih besar dari  nilai  ttabel  (thitung  =  3,628> ttabel  =   2,008) pada taraf  signifikansi 5% (0,05)  dengan  db 51    dan diperoleh nilai  p =   0,001 yang lebih kecil dari 0,05. Di samping itu, pembelajaran menulis teks berita   menggunakan strategi QUIP lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran   menulis teks berita secara konvensional pada siswa kelas VIII SMP Pandak   Bantul. Hal tersebut ditunjukkan dengan hasil penghitungan uji-t pada nilai pretes   dan  postes  kelompok eksperimen  serta  selisih  nilai  rata-rata  pretes  dan  postes   (gain score)  kedua kelompok penelitian.    Hasil penghitungan uji-t  pada  nilai   pretes  dan  postes  kelompok eksperimen  menunjukkan  nilai  thitung  lebih besar   daripada nilai ttabel (thitung = 9,297 > ttabel = 2,060) pada taraf signifikansi 5% (0,05)   dengan db 25 dan diperoleh nilai p = 0,000 yang lebih kecil dari 0,05. Selisih nilai   rata-rata  pretes  dan  postes  (gain score)  pembelajaran menulis teks berita   kelompok eksperimen sebesar 16,923, sedangkan pada kelompok kontrol sebesar   7,778.