%0 Thesis %9 S1 %A Nurvita Sari, Dian %B Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia %D 2015 %F UNY:25537 %I Universitas Negeri Yogyakarta %T KEEFEKTIFAN STRATEGI QUESTIONS INTO PARAGRAPHS (QUIP) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA PADA SISWA KELAS VIII SMP PANDAK BANTUL %U http://eprints.uny.ac.id/25537/ %X Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan (1) ada tidaknya perbedaan kemampuan menulis teks berita yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan strategi QUIP dengan siswa yang mengikuti pembelajaran secara konvensional pada siswa kelas VIII SMP Pandak Bantul, dan (2) keefektifan strategi QUIP dalam pembelajaran menulis teks berita pada siswa kelas VIII SMP Pandak Bantul. Penelitian eksperimen semu ini menggunakan desain penelitian Pretest- Posttest Control Group Design. Variabel dalam penelitian ini adalah varibel bebas yang berupa strategi QUIP dan variabel terikat yang berupa kemampuan siswa menulis teks berita. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Pandak yang terdiri atas empat kelas. Sampel penelitian adalah siswa VIII C sebagai kelas kontrol dan kelas VIII A sebagai kelas eksperimen. Validitas instrumen yang dilakukan adalah validitas isi oleh ahli (expert judgement). Uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis data dilakukan menggunakan uji-t dengan bantuan program komputer SPSS versi 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan menulis teks berita yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan strategi QUIP dengan siswa yang mengikuti pembelajaran secara konvensional pada siswa kelas VIII SMP Pandak Bantul. Hal tersebut ditunjukkan dengan hasil penghitungan uji-t nilai postes kelompok kontrol dan kelompok eksperimen berupa nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel (thitung = 3,628> ttabel = 2,008) pada taraf signifikansi 5% (0,05) dengan db 51 dan diperoleh nilai p = 0,001 yang lebih kecil dari 0,05. Di samping itu, pembelajaran menulis teks berita menggunakan strategi QUIP lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran menulis teks berita secara konvensional pada siswa kelas VIII SMP Pandak Bantul. Hal tersebut ditunjukkan dengan hasil penghitungan uji-t pada nilai pretes dan postes kelompok eksperimen serta selisih nilai rata-rata pretes dan postes (gain score) kedua kelompok penelitian. Hasil penghitungan uji-t pada nilai pretes dan postes kelompok eksperimen menunjukkan nilai thitung lebih besar daripada nilai ttabel (thitung = 9,297 > ttabel = 2,060) pada taraf signifikansi 5% (0,05) dengan db 25 dan diperoleh nilai p = 0,000 yang lebih kecil dari 0,05. Selisih nilai rata-rata pretes dan postes (gain score) pembelajaran menulis teks berita kelompok eksperimen sebesar 16,923, sedangkan pada kelompok kontrol sebesar 7,778.