@phdthesis{UNY25537,
          school = {Universitas Negeri Yogyakarta},
            year = {2015},
           month = {August},
           title = {KEEFEKTIFAN STRATEGI QUESTIONS INTO PARAGRAPHS (QUIP) 
DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA 
PADA SISWA KELAS VIII SMP PANDAK BANTUL},
          author = {Dian Nurvita Sari},
             url = {http://eprints.uny.ac.id/25537/},
        abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan  (1)  ada tidaknya  perbedaan 
kemampuan  menulis teks berita yang signifikan antara siswa yang  mengikuti 
pembelajaran menggunakan strategi  QUIP  dengan siswa yang  mengikuti 
pembelajaran secara konvensional pada siswa kelas VIII SMP Pandak Bantul, dan 
(2) keefektifan strategi QUIP dalam pembelajaran menulis teks berita pada siswa 
kelas VIII SMP Pandak Bantul.  
Penelitian eksperimen  semu  ini menggunakan desain penelitian  Pretest-
Posttest Control Group Design. Variabel dalam penelitian ini adalah varibel bebas 
yang berupa strategi QUIP  dan  variabel terikat yang berupa  kemampuan  siswa 
menulis teks berita. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII 
SMP Negeri 4 Pandak  yang terdiri  atas  empat  kelas. Sampel penelitian  adalah 
siswa VIII C  sebagai kelas  kontrol  dan kelas VIII A  sebagai kelas  eksperimen. 
Validitas  instrumen  yang dilakukan adalah validitas isi oleh ahli  (expert 
judgement).  Uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas dan uji 
homogenitas. Analisis data dilakukan menggunakan uji-t dengan bantuan program 
komputer SPSS versi 16.0.  
Hasil penelitian  menunjukkan bahwa  terdapat  perbedaan  kemampuan 
menulis teks berita yang signifikan antara siswa yang  mengikuti  pembelajaran 
menggunakan strategi QUIP  dengan siswa yang mengikuti  pembelajaran secara 
konvensional pada siswa kelas VIII SMP Pandak Bantul. Hal tersebut ditunjukkan 
dengan hasil penghitungan  uji-t  nilai  postes  kelompok kontrol dan kelompok 
eksperimen  berupa  nilai  thitung  lebih besar dari  nilai  ttabel  (thitung  =  3,628{\ensuremath{>}} ttabel  = 
2,008) pada taraf  signifikansi 5\% (0,05)  dengan  db 51    dan diperoleh nilai  p = 
0,001 yang lebih kecil dari 0,05. Di samping itu, pembelajaran menulis teks berita 
menggunakan strategi QUIP lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran 
menulis teks berita secara konvensional pada siswa kelas VIII SMP Pandak 
Bantul. Hal tersebut ditunjukkan dengan hasil penghitungan uji-t pada nilai pretes 
dan  postes  kelompok eksperimen  serta  selisih  nilai  rata-rata  pretes  dan  postes 
(gain score)  kedua kelompok penelitian.    Hasil penghitungan uji-t  pada  nilai 
pretes  dan  postes  kelompok eksperimen  menunjukkan  nilai  thitung  lebih besar 
daripada nilai ttabel (thitung = 9,297 {\ensuremath{>}} ttabel = 2,060) pada taraf signifikansi 5\% (0,05) 
dengan db 25 dan diperoleh nilai p = 0,000 yang lebih kecil dari 0,05. Selisih nilai 
rata-rata  pretes  dan  postes  (gain score)  pembelajaran menulis teks berita 
kelompok eksperimen sebesar 16,923, sedangkan pada kelompok kontrol sebesar 
7,778.}
}