%0 Thesis %9 S1 %A Nurjanah, Siti %B Fakultas Ilmu Pendidikan %D 2015 %F UNY:25524 %I PGSD %T DIAGNOSIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI JARAK, WAKTU, DAN KECEPATAN DI KELAS 5A SD NEGERI PUJOKUSUMAN 1 YOGYAKARTA %U http://eprints.uny.ac.id/25524/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan-kesulitan belajar matematika yang dialami siswa pada materi jarak, waktu, dan kecepatan; mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar matematika materi jarak, waktu, dan kecepatan; dan mengetahui rekomendasi pemecahan masalah yang dapat dilakukan dalam menghadapi kesulitan belajar matematika materi jarak, waktu, dan kecepatan di Kelas 5A SD Negeri Pujokusuman 1 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan subjek penelitian meliputi seluruh siswa kelas 5A di SD Negeri Pujokusuman 1 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode tes dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes diagnostik dan pedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan belajar matematika materi jarak, waktu, dan kecepatan di kelas 5A SD N Pujokusuman 1 Yogyakarta rata-rata 80,06% dan masuk kategori “Sangat Tinggi”. Kesulitan tersebut terjadi karena belum tercapainya indikator ketercapaian kompetensi dasar matematika materi jarak, waktu, dan kecepatan. Faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar matematika materi jarak, waktu, dan kecepatan meliputi faktor yang menyebabkan kesalahan dalam mengerjakan soal tes, faktor internal dan faktor eksternal. Rekomendasi pemecahan masalah kesulitan belajar materi jarak, waktu, dan kecepatan adalah perlunya pengajaran khusus sebagai pengayaan (enrichment) dan penyembuhan (remedial), menggunakan metode mengajar yang inovatif dan kreatif, dan menciptakan conditioning (reinforcement, rewards, encouragement), serta drill. Kata kunci: diagnosis kesulitan belajar, matematika