TY - THES Y1 - 2015/08/25/ N2 - Keterampilan menulis merupakan keterampilan berbahasa yang harus dikuasai siswa SD. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkanproses dan hasil keterampilan menulis paragraf siswa kelas V di SD Negeri 1 Karanganyar melalui pendekatan pengalaman berbahasa. Jenis penelitian ini adalah PTK kolaboratif. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan McTaggart. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: 1) tes, 2) observasi, dan 3) dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, yaitu dengan mencari rerata dan hasilnya dideskripsikan. Hasil penelitian menunjukkan pendekatan pengalaman berbahasa dapat meningkatkan aktivitas dan perhatian siswa. Disamping itu, dapat meningkatkan keterampilan menulis paragraf pada siswa kelas V SD Negeri 1 Karanganyar. Peningkatan keterampilan menulis paragraf siswa siklus I sebesar 3,63, yang kondisi awal 62,50 meningkat menjadi 66,13 dan pada siklus II sebesar 8,42, yang kondisi awal 62,50 meningkat menjadi 70,92. Kata kunci: keterampilan menulis, paragraf, pendekatan pengalaman berbahasa, Sekolah Dasar. PB - PGSD A1 - Zein, Novia Ayu Indriyana TI - PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF MELALUI PENDEKATAN PENGALAMAN BERBAHASA PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 1 KARANGANYAR KEBUMEN M1 - skripsi AV - public UR - http://eprints.uny.ac.id/25516/ ID - UNY25516 ER -