@phdthesis{UNY25496,
           title = {MENINGKATKAN PEMBELAJARAN SENAM LANTAI MERODA
DENGAN PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS V SD  
NEGERI 4 SUMAMPIR KECAMATAN REMBANG
KABUPATEN PURBALINGGA},
          author = {Sulistiyo Wibowo},
          school = {Fakultas Ilmu Keolahragaan},
            year = {2015},
        keywords = {Peningkatan, Pembelajaran, Senam Lantai Meroda, Pendekatan,
Bermain.},
        abstract = {Permasalahan penelitian adalah kreativitas dari guru kurang dalam hal
masalah mengemas suatu bentuk model pembelajaran yang kreatif dan
menyenangkan bagi siswa. Tujuan penelitian untuk meningkatkan pembelajaran
senam lantai meroda dengan pendekatan bermain pada siswa kelas V SD Negeri 4
Sumampir Kecamatan Rembang Kabupaten Purbalingga, yang meliputi: proses
pembelajaran guru, hasil belajar siswa, dan minat siswa. 
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek
penelitian adalah Siswa Kelas V SD Negeri 4 Sumampir Kecamatan Rembang
Kabupaten Purbalingga yang berjumlah keseluruhan 26 siswa, terdiri dari 19
siswa putra dan 7 siswa putri. Instrumen penelitian, yaitu: Pengamatan Kinerja
Guru, Rubrik Penilaian Kemampuan Meroda, dan Kuesioner Minat Siswa.
Analisis data secara d
eskriptif kuantitatif dengan persentase. Indikator
keberhasilan, yaitu: Hasil pengamatan kinerja guru telah mendapatkan skor ? 31
dengan arti lain pelaksanaan pembelajaran berlangsung dengan sangat ?baik? dan
Hasil belajar siswa, proses pendekatan bermain, dan minat siswa, yaitu sebanyak
80
\% dari total siswa dalam satu kelas telah mencapai kriteria ?tuntas?. 
Hasil penelitian menunjukkan terbukti bahwa kenyataannya dalam
keseluruhan sebanyak 4 kali pertemuan di dua siklus sudah dapat meningkatkan
pembelajaran gerak dasar meroda, yaitu: (1)  Proses pembelajaran guru dengan
mendapatkan skor 38, sehingga telah sesuai dengan indikator keberhasilan, yaitu
skor minimal ? 31dengan arti lain pelaksanaan pembelajaran guru berlangsung
dengan ?sangat baik?. (2) Hasil belajar gerak dasar meroda sebanyak 21 siswa
dari keseluruhan 26 siswa atau sebesar 80,77\% ?tuntas? dalam mengikuti
pembelajaran meroda dan sudah sesuai indikator keberhasilan, yaitu: KKM 75
dan minimal sebanyak 80\% dari total siswa dalam satu kelas ?Tuntas? masuk
dalam kategori penilaian ?baik? dan ?sangat baik?. (3) Peningkatan minat siswa
telah sesuai dengan indikator keberhasilan, yaitu minimal sebanyak 80\% dari total
siswa dalam satu kelas masuk dalam kategori penilaian ?baik? dan ?sangat baik?.},
             url = {http://eprints.uny.ac.id/25496/}
}