TY - THES ID - UNY25463 UR - http://eprints.uny.ac.id/25463/ AV - public M1 - skripsi Y1 - 2015/// N2 - Anak tunagrahita adalah anak yang memiliki keterlambatan dalam mental. Keterlambatan mental akan mempengaruhi perkembangan motorik anak tunagrahita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan motorik halus anak tunagrahita di sekolah inklusi se-Kecamatan Kulonprogo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah anak tunagrahita di sekolah inklusi se-Kecamatan Sentolo Kulon Progo dengan jumlah keseluruhan adalah 30 anak. Teknik pengambilan data menggunakan tes untuk mengukur kemampuan motorik halus yang terdiri dari 5 item tes, yaitu tes meronce manik-manik, melempar bola, menangkap bola, memasang puzzle dan meniti papan. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian diperoleh kemampuan motorik halus anak tunagrahita di sekolah inklusi se-kecamatan Sentolo Kulonprogo secara keseluruhan adalah berbeda. Secara rinci, sebanyak 0 siswa (0%) mempunyai kemampuan motorik kurang sekali, 4 siswa (13.33%) mempunyai kemampuan motorik kurang, 26 siswa (86.87%) mempunyai kemampuan motorik baik, 0 siswa (0%) mempunyai kemampuan motorik baik sekali. Kesimpulan yang didapat bahwa kemampuan motorik halus siswa di sekolah inklusi se-Kecamatan Sentolo Kulon Progo berbeda-beda, atau bervariasi, dari yang kurang sekali sampai yang sangat baik. Sehingga dapat disimplkan bahwa kemampuan motorik anak tunagrahita seKecamatan Sentolo Kulon Progo masuk dalam katagori baik. PB - Fakultas Ilmu Keolahragaan KW - Motorik Halus KW - Tunagrahita KW - Sekolah Inklusi TI - KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK TUNAGRAHITA DI SEKOLAH INKLUSI SE-KECAMATAN SENTOLO KULON PROGO A1 - Wika Reni ER -