TY - GEN A1 - Pujianto, - A1 - Juli, Astono A1 - Dadan, Rosana A1 - Setia Adi, Purwanta N1 - Laporan Penelitian Hibah Bersaing 2011 N2 - Pada dasarnya penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui kebermanfaatan kit praktikum menggunakan teknologi multifunction equipment dalam eksperimen sains realistik (demonstrasi dan eksperimen) yang dapat digunakan siswa penyandang tuna netra dan tuna rungu; 2) Untuk mengetahui kegunaan modul eksperimen dan LKS bahasa Braille dalam mengakomodasi kebutuhan belajar siswa penyandang tuna netra dan tuna rungu; 3) Untuk mengetahui jenis aktivitas siswa yang muncul melalui penerapan model eksperimen sains dengan pendekatan konstruktivis bagi siswa penyandang tuna netra dan tuna rungu; 4) Untuk mengetahui hasil evaluasi pembelajaran sains untuk siswa penyandang tuna netra dan tuna rungu menggunakan model evaluasi yang telah dikembangkan; dan 5) Untuk mengetahui respon siswa terhadap implementasi perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan dalam mengoptimalkan aktivitas langsung (pengalaman belajar) bagi siswa penyandang tuna netra dan tuna rungu Metode penelitian yang digunakan menggunakan desain penelitian pengembangan R & D menurut Cennamo dan Kalk (2005:6). Dalam model spiral ini dikenal 5 (lima) fase pengembangan yakni: (1) definisi (define), (2) desain (design), (3) peragaan (demonstrate), (4) pengembangan (develop), dan (5) penyajian (deliver). Sebagai populasi adalah seluruh siswa penyandang tuna netra dan tuna rungu serta sebagai sampel adalah siswa SLB penyandang tuna netra dan tuna rungu di DIY yang diambil menurut stratified random sampling. Tahun kedua sebagai implementasi produk digunakan rancangan single subject research AB design. Hasil yang telah dicapai pada tahun kedua ini adalah: 1) Kit praktikum menggunakan teknologi multifunction equipment dalam eksperimen sains realistik (demonstrasi dan eksperimen) telah dapat digunakan siswa penyandang tuna netra dan tuna rungu; 2) Modul eksperimen dan LKS bahasa Braille dapat mengakomodasi kebutuhan belajar siswa penyandang tuna netra dan tuna rungu; 3) Jenis aktivitas siswa yang muncul melalui penerapan model eksperimen sains dengan pendekatan konstruktivis bagi siswa penyandang tuna netra dan tuna rungu meliputi menduga, mengukur, mencatat hasil, membuat daftar, menuliskan hasil dan melaporkan hasil; 4) Hasil evaluasi pembelajaran sains untuk siswa penyandang tuna netra dan tuna rungu menggunakan model evaluasi yang telah dikembangkan menunjukkan nilai rerata 7,3; dan 5) Respon siswa terhadap implementasi perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan dalam mengoptimalkan aktivitas langsung (pengalaman belajar) bagi siswa penyandang tuna netra dan tuna rungu sangat baik. Hal ini terlihat dari peran aktif siswa dalam merespon implementasi perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan. Y1 - 2011/// UR - http://eprints.uny.ac.id/25457/ ID - UNY25457 AV - public TI - RANCANG BANGUN TEKNOLOGI MULTIFUNCTION EQUIPMENT UNTUK PEMERATAAN AKSES PENDIDIKAN BAGI PENYANDANG TUNA NETRA DAN TUNA RUNGU DALAM PRAKTIKUM SAINS REALISTIK KW - multifunction equipment KW - praktikum sains KW - siswa tuna netra dan tuna rungu ER -