<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . "RANCANG BANGUN TEKNOLOGI MULTIFUNCTION EQUIPMENT UNTUK PEMERATAAN AKSES PENDIDIKAN BAGI PENYANDANG TUNA NETRA DAN TUNA RUNGU DALAM PRAKTIKUM SAINS REALISTIK"^^ . "Pada dasarnya penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui kebermanfaatan kit praktikum menggunakan teknologi multifunction equipment dalam eksperimen sains realistik (demonstrasi dan eksperimen) yang dapat digunakan siswa penyandang tuna netra dan tuna rungu; 2) Untuk mengetahui kegunaan modul eksperimen dan LKS bahasa Braille dalam mengakomodasi kebutuhan belajar siswa penyandang tuna netra dan tuna rungu; 3) Untuk mengetahui jenis aktivitas siswa yang muncul melalui penerapan model eksperimen sains dengan pendekatan konstruktivis bagi siswa penyandang tuna netra dan tuna rungu; 4) Untuk mengetahui hasil evaluasi pembelajaran sains untuk siswa penyandang tuna netra dan tuna rungu menggunakan model evaluasi yang telah dikembangkan; dan 5) Untuk mengetahui respon siswa terhadap implementasi perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan dalam mengoptimalkan aktivitas langsung (pengalaman belajar) bagi siswa penyandang tuna netra dan tuna rungu\r\nMetode penelitian yang digunakan menggunakan desain penelitian pengembangan R & D menurut Cennamo dan Kalk (2005:6). Dalam model spiral ini dikenal 5 (lima) fase pengembangan yakni: (1) definisi (define), (2) desain (design), (3) peragaan (demonstrate), (4) pengembangan (develop), dan (5) penyajian (deliver). Sebagai populasi adalah seluruh siswa penyandang tuna netra dan tuna rungu serta sebagai sampel adalah siswa SLB penyandang tuna netra dan tuna rungu di DIY yang diambil menurut stratified random sampling. Tahun kedua sebagai implementasi produk digunakan rancangan single subject research AB design.\r\nHasil yang telah dicapai pada tahun kedua ini adalah: 1) Kit praktikum menggunakan teknologi multifunction equipment dalam eksperimen sains realistik (demonstrasi dan eksperimen) telah dapat digunakan siswa penyandang tuna netra dan tuna rungu; 2) Modul eksperimen dan LKS bahasa Braille dapat mengakomodasi kebutuhan belajar siswa penyandang tuna netra dan tuna rungu; 3) Jenis aktivitas siswa yang muncul melalui penerapan model eksperimen sains dengan pendekatan konstruktivis bagi siswa penyandang tuna netra dan tuna rungu meliputi menduga, mengukur, mencatat hasil, membuat daftar, menuliskan hasil dan melaporkan hasil; 4) Hasil evaluasi pembelajaran sains untuk siswa penyandang tuna netra dan tuna rungu menggunakan model evaluasi yang telah dikembangkan menunjukkan nilai rerata 7,3; dan 5) Respon siswa terhadap implementasi perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan dalam mengoptimalkan aktivitas langsung (pengalaman belajar) bagi siswa penyandang tuna netra dan tuna rungu sangat baik. Hal ini terlihat dari peran aktif siswa dalam merespon implementasi perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan."^^ . "2011" . . . . . . . . . . . . . . . . "Purwanta"^^ . "Setia Adi"^^ . "Purwanta Setia Adi"^^ . . "-"^^ . "Pujianto"^^ . "- Pujianto"^^ . . "Rosana"^^ . "Dadan"^^ . "Rosana Dadan"^^ . . "Astono"^^ . "Juli"^^ . "Astono Juli"^^ . . "LPPM UNY"^^ . . . . . . . "RANCANG BANGUN TEKNOLOGI MULTIFUNCTION EQUIPMENT UNTUK PEMERATAAN AKSES PENDIDIKAN BAGI PENYANDANG TUNA NETRA DAN TUNA RUNGU DALAM PRAKTIKUM SAINS REALISTIK (Text)"^^ . . . "Lap_Penelitian_Th_2_Pujianto_dkk.pdf"^^ . . . "RANCANG BANGUN TEKNOLOGI MULTIFUNCTION EQUIPMENT UNTUK PEMERATAAN AKSES PENDIDIKAN BAGI PENYANDANG TUNA NETRA DAN TUNA RUNGU DALAM PRAKTIKUM SAINS REALISTIK (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "RANCANG BANGUN TEKNOLOGI MULTIFUNCTION EQUIPMENT UNTUK PEMERATAAN AKSES PENDIDIKAN BAGI PENYANDANG TUNA NETRA DAN TUNA RUNGU DALAM PRAKTIKUM SAINS REALISTIK (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "RANCANG BANGUN TEKNOLOGI MULTIFUNCTION EQUIPMENT UNTUK PEMERATAAN AKSES PENDIDIKAN BAGI PENYANDANG TUNA NETRA DAN TUNA RUNGU DALAM PRAKTIKUM SAINS REALISTIK (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "RANCANG BANGUN TEKNOLOGI MULTIFUNCTION EQUIPMENT UNTUK PEMERATAAN AKSES PENDIDIKAN BAGI PENYANDANG TUNA NETRA DAN TUNA RUNGU DALAM PRAKTIKUM SAINS REALISTIK (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "RANCANG BANGUN TEKNOLOGI MULTIFUNCTION EQUIPMENT UNTUK PEMERATAAN AKSES PENDIDIKAN BAGI PENYANDANG TUNA NETRA DAN TUNA RUNGU DALAM PRAKTIKUM SAINS REALISTIK (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . "HTML Summary of #25457 \n\nRANCANG BANGUN TEKNOLOGI MULTIFUNCTION EQUIPMENT UNTUK PEMERATAAN AKSES PENDIDIKAN BAGI PENYANDANG TUNA NETRA DAN TUNA RUNGU DALAM PRAKTIKUM SAINS REALISTIK\n\n" . "text/html" . . . "LPPM" . .