TY - THES TI - FUNGSI- DAN GAYA BAHASA IKLAN KOSMETIK BERBAHASA JERMAN AV - public KW - fungsi KW - gaya bahasa iklan kosmetik M1 - skripsi ID - UNY25407 UR - http://eprints.uny.ac.id/25407/ Y1 - 2013/03/25/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) fungsi bahasa dan (2) gaya bahasa iklan kosmetik berbahasa Jerman dalam majalah Cosmopolitan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah majalah Cosmopolitan 7 edisi yang terbit tahun 2010. Data penelitian ini berupa satuan lingual yang berupa kata, frasa dan kalimat yang terdapat pada headline, bodycopy dan slogan yang dikumpulan dengan teknik baca ? catat. Analisis data menggunakan metode padan pragmatis. Instrumen utama penelitian ini adalah penulis sendiri (human instrument). Untuk menentukan keabsahan data hasil penelitian digunakan validitas interater dan intrarater. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat (1) empat fungsi bahasa yang digunakan dalam bahasa iklan kosmetik berbahasa Jerman, yaitu fungsi referensial, fungsi emotif, fungsi konatif dan fungsi puitis; (2) duabelas kategori gaya bahasa yang terdiri dari 6 gaya bahasa repetisi, 1 gaya bahasa anadiplosis, 23 gaya bahasa aliterasi, 7 gaya bahasa polisindenton, 2 gaya bahasa asonansi, 4 gaya bahasa retoris, 23 gaya bahasa hiperbola, 4 gaya bahasa simile, 13 gaya bahasa metafora, 9 gaya bahasa personifikasi, 3 gaya bahasa elipsis dan 10 makna denotatif. PB - Universitas Negeri Yogyakarta A1 - Suwito, Nurul ER -