TY - THES N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) signifikansi perbedaan keterampilan membaca teks bahasa Jerman peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Sedayu Bantul antara yang diajar menggunakan media Brettspiel 4 Gewinnt dan yang diajar dengan media konvensional dan (2) keefektifan penggunaan media Brettspiel 4 Gewinnt terhadap keterampilan membaca teks bahasa Jerman peserta didik di kelas XI SMA Negeri 1 Sedayu Bantul. Penelitian ini adalah penelitian quasi experiment. Variabel penelitian ini terdiri atas variabel bebas (X) berupa media Brettspiel 4 Gewinnt dan variabel terikat (Y) kemampuan membaca teks bahasa Jerman. Desain eksperimen menggunakan Pre-Posttest Control Group. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Sedayu. Populasi penelitian ini berjumlah 280 orang. Sampel diambil secara simple random sampling. Jumlah anggota sampel keseluruhan berjumlah 64 orang, yaitu kelas eksperimen 33 orang dan kelas kontrol 31 orang. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dengan tes kemampuan membaca teks. Uji validitas instrumen menggunakan analisis butir tes. Uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus Product Moment oleh Arikunto. Hasilnya menunjukkan bahwa 27 dari 30 butir soal dinyatakan reliabel dengan nilai r-hitung ID - UNY25388 Y1 - 2013/04/22/ AV - public KW - keefektifan KW - media brettspiel 4 gewinnt KW - membaca teks bahasa jerman. SMA negeri 1 sedayu PB - Universitas Negeri Yogyakarta M1 - skripsi UR - http://eprints.uny.ac.id/25388/ A1 - Prastiyani, Dwi TI - KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA BRETTSPIEL 4 GEWINNT DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA TEKS BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 SEDAYU BANTUL ER -