%0 Thesis %9 S1 %A Ristyahana Nurbahar, Ristyahana %B FE UNY %D 2015 %F UNY:25383 %I Pendidikan Administrasi Perkantoran %T KEPUASAN KERJA KARYAWAN DI PT POS INDONESIA (PERSERO) CABANG KEBUMEN %U http://eprints.uny.ac.id/25383/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan kerja karyawan di PT Pos Indonesia (Persero) Cabang Kebumen. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah kepuasan kerja karyawan. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan di PT POS Indonesia (Persero) Cabang Kebumen dengan jumlah 77 orang. Uji coba instrumen penelitian dilakukan di PT POS Indonesia (Persero) Cabang Bantul. Uji coba validitas menggunakan korelasi Product Moment dari Pearson. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif yang selanjutnya dipersentase dan dikategorikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan kerja karyawan dalam kategori cukup tinggi dengan persentase yang diperoleh yaitu sebesar 46,8% atau sebanyak 36 karyawan, 40,2% atau sebanyak 31 karyawan menyatakan dalam kategori tinggi, 9,1% atau sebanyak 7 karyawan menyatakan dalam kategori sangat tinggi, dan 3,9% atau 3 karyawan menyatakan dalam kategori kurang tinggi. Kepuasan kerja karyawan ditinjau dari (1) tugas pokok dan fungsi kerja masuk dalam kategori tinggi dengan frekuensi 33 karyawan atau sebesar 42,8%, (2) supervisi oleh pimpinan masuk dalam kategori cukup tinggi dengan frekuensi 32 karyawan atau sebesar 41,5%, (3) kesempatan untuk maju masuk dalam kategori cukup tinggi dengan frekuensi 40 karyawan atau sebesar 51,9%, (4) rekan kerja masuk dalam kategori tinggi dengan frekuensi 47 karyawan atau sebesar 61,1% dan (5) kondisi kerja masuk dalam kategori cukup tinggi dengan frekuensi 35 karyawan atau sebesar 45,5%. Kata kunci: Kepuasan Kerja, Kinerja