%0 Thesis %9 S1 %A Halilintar, Muhammad Taufan %D 2012 %F UNY:2536 %T PENINGKATAN KEMAMPUAN PENJUMLAHAN BILANGAN MELALUI MEDIA KARTU BILANGAN ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS II DI SLB NEGERI 2 YOGYAKARTA %U http://eprints.uny.ac.id/2536/ %X Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan kemampuan penjumlahan bilangan melalui media kartu bilangan anak tunagrahita ringan kelas II di SLB Negeri 2 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Pengambilan subjek dilakukan melalui purposif dengan jumlah subjek 2 orang pada tingkat sekolah dasar kelas II SLB Negeri 2 Yogyakarta. Pengambilan data dilakukan dengan tes kemampuan mengoperasikan penjumlahan. Analisis data dilakukan dengan deskriptif kuantitatif dan penyajian data dalam bentuk tabel dan grafik histogram. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan penjumlahan bilangan melalui media kartu bilangan anak tunagrahita ringan kelas II di SLB Negeri 2 Yogyakarta. Peningkatan dapat dilihat dari perolehan skor tes hasil belajar dari sebelum dan sesudah tindakan pembelajaran penjumlahan bilangan dengan menggunakan media kartu bilangan. Pencapaian prosentase kedua subjek pada pre test masing-masing adalah Khadafi 40% dan Sadam 50% meningkat menjadi 60 % dan 65% setelah diberi tindakan melalui kartu bilangan pada post test siklus I. Pada siklus II pencapaian prosentase ketuntasan belajar Khadafi meningkat menjadi 80% dan Sadam 90% setelah diadakan perubahan gambar pada kartu bilangan, jam masuk pelajaran dan pemantapan materi penjumlahan bilangan puluhan dengan satuan dengan hasil sampai 20. Kata kunci : kartu bilangan, penjumlahan, anak tunagrahita ringan