%0 Thesis %9 S1 %A Winarika, Ervi Yuni %B Pendidikan Bahasa Jerman %D 2012 %F UNY:25355 %I Universitas Negeri Yogyakarta %K keefektifan, metode student team-achievement division (STAD), pembelajaran gramatika bahasa jerman %T KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE STUDENT TEAM-ACHIEVEMENT DIVISION DALAM PEMBELAJARAN GRAMATIKA BAHASA JERMAN DI SMA NEGERI 1 NGAGLIK SLEMAN %U http://eprints.uny.ac.id/25355/ %X Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui keefektifan penggunaan metode Student Team-Achievement Division terhadap pembelajaran gramatika bahasa Jerman. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiment dengan desain eksperimen pre-test dan post-test control group.Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu variabel bebas (metode Student Team-Achievement Division) dan variabel terikat (penguasaan gramatika bahasa Jerman). Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XII SMA Negeri 1 Ngaglik Sleman berjumlah 216 peserta didik dari enam kelas. Dengan menggunakan teknik random sampling, kemudian diperoleh dua kelas sebagai sampel yaitu kelas XII IPS 3 sebagai kelas eksperimen (32 peserta didik) dan kelas XII IPS 2 sebagai kelas kontrol (32 peserta didik). Pengambilan data menggunakan tes tulis bahasa Jerman yang berupa pre-test dan post-test. Analisis data penelitian ini menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung 4,917 lebih besar dari ttabel 2,000 dengan db sebesar 62 pada taraf signifikansi α = 5%. Hal ini menunjukkan nilai thitung (th) lebih besar dari ttabel (tt). Dengan demikian terdapat perbedaan penguasaan gramatika yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Rerata kelompok eksperimen 24,4063 lebih tinggi daripada kelompok kontrol 21,9063. Implikasi dari penelitian ini adalah metode Student Team- Achievement Division (STAD) dapat digunakan pada pembelajaran gramatika bahasa Jerman.