TY - GEN TI - RELEVANSI KOMPETENSI CALON GURU KEJURUAN DENGAN KOMPETENSI AKTUAL GURU SMK N1 - Laporan Penelitian Dosen Yunior Anggota Pusdi 2011 KW - kompetensi guru KW - calon guru KW - SMK ID - UNY25331 Y1 - 2011/// N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran relevansi kompetensi calon guru kejuruan dengan kompetensi aktual guru SMK. Secara rinci target penelitian ini adalah: (1) mengetahui profil kompetensi calon guru kejuruan, (2) mengetahui profil kompetensi aktual guru SMK, dan (3) mengetahui relevansi kompetensi calon guru kejuruan dengan kompetensi aktual guru SMK. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif model survey ex-post facto dengan analisis utama berupa analisis deskriptif dan analisis relevansi. Penelitian dilakukan terhadap mahasiswa calon guru kejuruan, kepala sekolah, koordinator PPL, dan guru SMK di Kota Yogyakarta. Teknik pengumpulan data utama berupa angket/kuesioner. Wawancara terbatas dan pengamatan digunakan sebagai teknik pengumpul data tambahan. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Profil kompetensi calon guru kejuruan yang dihasilkan oleh Fakultas Teknik UNY masuk dalam kategori baik. Kompetensi pedagogik memiliki skor 3,09, kompetensi kepribadian memiliki skor 3,46, skor kompetensi sosial memiliki skor 3,61 dan kompetensi profesional memiliki skor 3,29 dari skor maksimum 4; (2). Profil kompetensi aktual yang diharapkan oleh Sekolah Menengah Kejuruan dapat dilihat bahwa kompetensi pedagogik memiliki skor 3,22, kompetensi kepribadian memiliki skor 3,50, skor kompetensi sosial memiliki skor 3,75 dan kompetensi profesional memiliki skor 3,42 dari skor maksimum 4; (3). Tingkat relevansi calon guru dengan kompetensi aktual untuk kompetensi pedagogik adalah 78,43%, kompetensi kepribadian adalah 91,58%, kompetensi sosial adalah 95,76% dan kompetensi profesional adalah 84,36%. UR - http://eprints.uny.ac.id/25331/ A1 - Nurhening Yuniarti, M.T A1 - Arif, Marwanto AV - public ER -