eprintid: 25291 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 1258 dir: disk0/00/02/52/91 datestamp: 2015-08-20 02:56:56 lastmod: 2015-08-20 02:56:56 status_changed: 2015-08-20 02:56:56 type: experiment metadata_visibility: show creators_name: Mumpuni, Arum Bakti creators_name: Fathur, Rahman , M. Si. creators_name: Sukinah, M.Pd. creators_id: mumpuni.ab@gmail.com corp_creators: LPPM UNY title: MODEL PENDIDIKAN NILAI SEBAGAI PEMBINAAN KARAKTER PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR INKLUSI ispublished: pub subjects: subject_lppm divisions: lppm full_text_status: public note: Laporan Penelitian Unggulan UNY 2012 abstract: Penelitian bertujuan menghasilkan model pembelajaran nilai untuk membina karakter siswa sekolah dasar yang menyelenggarakan model inklusi. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (research and development). Penelitian dilakukan dua tahap: tahap pertama merupakan base line study untuk menemukan peta kebutuhan (need assessment)tentang pendidikan nilai di sekolah dasar penyelenggara pendidikan inklusif. Atas dasar peta kebutuhan tentang pendidikan nilai itu disusunlah draf modul. Selanjutnya, draf modul diuji kalayakannya melalui fokus group discussion dan uji coba terbatas salah satu sekolah dasar penyelenggara inklusi. Hasil dari penelitian pada tahap pertama berupa draf modul yang digunakan model pembelajaran pendidikan nilai melalui berceritera dan permainan. Model pendidikan nilai tersebut dikemas melalui tujuh (7) tema, dan pembelajarannya diintegrasikan pada bidang pelajaran di sekolah dasar penyelenggara inklusi. date: 2012 date_type: published funders: DIPA citation: Mumpuni, Arum Bakti and Fathur, Rahman , M. Si. and Sukinah, M.Pd. (2012) MODEL PENDIDIKAN NILAI SEBAGAI PEMBINAAN KARAKTER PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR INKLUSI. [Experiment/Research] document_url: http://eprints.uny.ac.id/25291/1/draf%20laporan%20penelitian%20pendidikan%20nilai%20di%20SD%20inklusif.pdf