@phdthesis{UNY25289, year = {2011}, school = {Universitas Negeri Yogyakarta}, title = {KEEFEKTIFAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM-BASED LEARNING) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS NARASI EKSPOSITORIS SISWA KELAS X MAN YOGYAKARTA I}, author = {Mashuri}, month = {May}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk menguji (1) perbedaan kemampuan menulis narasi ekspositoris antara kelompok siswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran berbasis masalah (problem-based learning) dan kelompok siswa yang diajar tanpa menggunakan metode pembelajaran berbasis masalah (problem-based learning), dan (2) efektivitas metode pembelajaran berbasis masalah (problem-based learning) dalam pembelajaran menulis karangan narasi ekspositoris siswa kelas X MAN Yogyakarta I. Desain penelitian menggunakan penelitian eksperimen dengan rancangan pretest-posttest control group design. Variabel dalam penelitain ini ada dua, yaitu variabel bebas berupa metode pembelajaran berbasis masalah (problem-based learning) dan variabel terikat berupa keterampilan menulis narasi ekspositoris. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN Yogyakarta I yang terbagi dalam 7 kelas XA-XG, sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 2 kelas dengan pembagian 1 kelas sebagai kelompok kontrol dan 1 kelas sebagai kelompok eksperimen. Sampel diperoleh dengan cara mengundi, dari hasil pengundian diperoleh, kelas XD 36 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XC 36 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes, yang berupa tes menulis narasi ekspositoris. Validitas instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas isi (expert judgement). Uji reliabilitas instrument menggunakan teknik Alpha Cronbach. Hasil perhitungan menunjukkan besarnya reliabilitas adalah 0,814. Teknik analisis data dengan menggunakan uji-t, untuk mengetahui perbedaan antara kelas eksperimen dan kontrol. Hasil perhitungan uji-t yang dilakukan pada skor posttest antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen menunjukkan bahwa skor t hitung sebesar 16.008 dengan db 70 dan p sebesar 0,000. Skor p lebih kecil dari taraf signifikansi 5\% (0,000{\ensuremath{<}}0,050). Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan keterampilan menulis narasi ekspositoris yang signifikan antara kelompok yang diajar menggunakan metode pembelajaran berbasis masalah (problem-based learning) dan yang tidak diajar. Peningkatan keterampilan menulis narasi ekspositoris siswa, yaitu mengetahui isi, organisasi, penggunaan bahasa, kosa kata, dan mekanik dalam penulisan narasi ekspositoris. Hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran keterampilan menulis narasi ekspositoris menggunakan metode pembelajaran berbasis masalah (problem-based learning) lebih efektif daripada pembelajaran keterampilan menulis narasi ekspositoris tanpa menggunakan metode pembelajaran berbasis masalah (problem-based learning).}, keywords = {keefektifan, problem-based learning, menulis narasi ekspositoris, MAN}, url = {http://eprints.uny.ac.id/25289/} }