@phdthesis{UNY25276, month = {August}, author = {Qoriah Putri Lestari}, year = {2015}, school = {Universitas Negeri Yogyakarta}, title = {PENGARUH PENGGUNAAN ANEKA SUMBER BELAJAR TERINTEGRASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS VIII DI MTs ANWAR FUTUHIYYAH NGEMPLAK, SLEMAN}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan aneka sumber belajar terintegrasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam kelas VIII di MTs Anwar Futuhiyyah, Ngemplak, Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pola replication design (teknik pengulangan). Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VIII di MTs Anwar Futuhiyyah Ngemplak, Sleman yang berjumlah 19 anak. Replikasi atau pengulangan dilakukan sebanyak dua kali dengan treatment yang berbeda. Treatment pertama berupa penggunaan aneka sumber belajar tidak terintegrasi pada materi cahaya, sedangkan treatmentkedua adalah penggunaan aneka sumber belajar terintegrasi pada materi alat optik. Pengukuran hasil belajar dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa tes pilihan ganda. Analisis data dilakukan menggunakan statistik inferensial dengan perhitungan t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan aneka sumber belajar terintegrasi memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di MTs Anwar Futuhiyyah. Hal ini terbukti nilai rata-rata replikasi kedua lebih tinggi (pre-test = 33,8 dan post-test = 73,45)dibandingkan dengan replikasi pertama (pre-test = 32,5 dan post-test = 64,07). Bila dilihat dari perhitungan uji-t dihasilkan nilai sig {\ensuremath{<}} taraf sig (0,00 {\ensuremath{<}} 0,05) dengan thit -3,39.}, url = {http://eprints.uny.ac.id/25276/} }