%I Universitas Negeri Yogyakarta %D 2012 %T ASPEK MULTIKULTURAL DALAM BUKU TEKS BAHASA INDONESIA UNTUK SISWA SMP %L UNY25253 %K Aspek Multikultural, Buku Teks Bahasa Indonesia %A Slasi Widasmara %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk mengetahui nilai-nilai multikultural yang termuat dalam buku teks Bahasa Indonesia (1) kelas VII, (2) kelas VIII, dan (3) kelas IX terbitan Pusat Perbukuan, (4) kelas VII, (5) kelas VIII, dan (6) kelas IX terbitan Erlangga, (7) kelas VII, (8) kelas VIII, dan (9) kelas IX terbitan Yudhistira, serta (10) perbandingan nilai-nilai multikultural yang termuat diantara kesembilan buku teks Bahasa Indonesia untuk Siswa SMP. Desain penelitian menggunakan penelitian analisis konten. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teks atau dokumen yang berupa buku-buku teks Bahasa Indonesia untuk siswa SMP kelas X, XI, dan XII yang diterbitkan oleh Erlangga, Yudhistira, serta Buku Sekolah Elektronik yang diterbitkan oleh Pusat Perbukuan. Instrumen penelitian adalah kartu data yang dipergunakan untuk menganalisis semua komponen yang mengandung nilai-nilai multikulturalisme dalam buku teks. Teknik analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif kualitatif. Berdasarkan penelitian ini, diperoleh hasil (1) buku teks kelas VII terbitan Pusat Perbukuan terdapat 31 bagian buku teks yang memuat keempat nilai-nilai inti multikultural dengan nilai yang dominan adalah pengembangan tanggung jawab manusia terhadap planet bumi, (2) buku teks kelas VIII terbitan Pusat Perbukuan terdapat 47 bagian buku teks yang memuat keempat nilai-nilai inti multikultural dengan nilai yang dominan adalah pengembangan tanggung jawab manusia terhadap planet bumi, (3) buku teks kelas IX terbitan Pusat Perbukuan terdapat 61 bagian buku teks yang memuat keempat nilai-nilai inti multikultural dengan nilai yang dominan adalah pengakuan terhadap adanya pluralitas budaya dalam masyarakat, (4) buku teks kelas VII terbitan Erlangga terdapat 75 bagian buku teks yang memuat keempat nilai-nilai inti multikultural dengan nilai yang dominan adalah pengakuan terhadap adanya pluralitas budaya dalam masyarakat, (5) buku teks kelas VIII terbitan Erlangga terdapat 76 bagian buku teks yang memuat keempat nilai-nilai inti multikultural dengan nilai yang dominan adalah pengakuan terhadap adanya pluralitas budaya dalam masyarakat, (6) buku teks kelas IX terbitan Erlangga terdapat 79 bagian buku teks yang memuat keempat nilai-nilai inti multikultural dengan nilai yang dominan adalah pengakuan terhadap adanya pluralitas budaya dalam masyarakat, (7) buku teks kelas VII terbitan Yudhistira terdapat 39 bagian buku teks yang memuat keempat nilai-nilai inti multikultural dengan nilai yang dominan adalah pengembangan tanggung jawab manusia terhadap planet bumi, (8) buku teks kelas VIII terbitan Yudhistira terdapat 46 bagian buku teks yang memuat keempat nilai-nilai inti multikultural dengan nilai yang dominan adalah Pengembangan tanggung jawab masyarakat dunia, (9) buku teks kelas IX terbitan Yudhistira terdapat 32 bagian buku teks yang memuat keempat nilai-nilai inti multikultural dengan nilai yang dominan adalah pengembangan tanggung jawab masyarakat dunia, dan (10) kesembilan buku teks memuat keempat nilai inti pendidikan multikultural dengan nilai inti yang paling banyak muncul adalah pengakuan terhadap adanya kenyataan pluralitas budaya dalam masyarakat dan pengembangan tanggung jawab manusia terhadap planet bumi serta satu tema yang tidak muncul yaitu mediasi.