%0 Thesis %9 S1 %A Wijayanti, Rr. Dewi %B Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia %D 2012 %F UNY:25249 %I Universitas Negeri Yogyakarta %K keefektifan, pembelajaran berbasis masalah, menulis esai argumentasi, SMA %T KEEFEKTIFAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI PADA SISWA KELAS X DI SMAN 1 GIRIMULYO KULON PROGO %U http://eprints.uny.ac.id/25249/ %X Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan (1) perbedaan kemampuan menulis esai argumentasi antara kelompok siswa yang diajarkan menggunakan metode pembelajaran berbasis masalah dan kelompok siswa yang diajar tanpa menggunakan metode pembelajaran berbasis masalah, dan (2) efektivitas metode pembelajaran berbasis masalah dalam pembelajaran menulis esai argumentasi kelas X SMAN 1 Girimulyo, Kulon Progo. Desain penelitian menggunakan penelitian eksperimen dengan rancangan pretest-posttest control group design. Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu variabel bebeas berupa metode pembelajaran berbasis masalah dan variabel terikat berupa keterampilan menulis esai argumentasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Girimulyo, Kulon progo yang terbagi dalam tiga kelas, sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah dua kelas dengan pembagian satu kelas sebagai kelompok kontrol dan satu kelas sebagai kelompok eksperimen. Sampel diperoleh dengan cara mengundi, dari hasil pengundian diperoleh, kelas XA sebagai kelas eksperimen dan XB sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes, yang berupa tes menulis esai argumentasi. Validitas instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas isi dengan dikonsultasikan kepada ahlinya (expert judgement). Uji reliabilitas instrumen menggunakan teknik Alpha Cronbach. Teknik analisis data dengan menggunakan uji-t. Hasil perhitungan uji-t yang dilakukan pada skor pretest kontrol dan eksperimen menunjukkan t hitung sebesar t hitung sebesar 0,580 dengan db 29 dan p sebesar 0,567 (0,567>0,050), nilai p lebih besar dari taraf signifikansi 5% maka tidak signifikan, sedangkan pada skor posttest antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen menunjukkan bahwa skor t hitung sebesar 9,028 dengan db 59 dan p sebesar 0,000. Skor p lebih kecil dari taraf signifikansi 5% (0,000<0,050). Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok yang melaksanakan pembelajaran menulis esai argumentasi menggunakan metode pembelajaran berbasis masalah, dan (2) pembelajaran menulis esai argumentasi yang menggunakan metode pembelajaran berbasis masalah lebih efektif dibandingkan dengan kelompok yang melaksanakan pembelajaran menulis tanpa menggunakan metode pembelajaran berbasis masalahsiswa kelas X SMAN 1 Girimulyo, Kulon Progo.