TY - THES ID - UNY25240 M1 - skripsi AV - public TI - KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA KOMIK DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SENTOLO KW - keefektifan KW - media komik KW - menulis cerpen KW - SMP UR - http://eprints.uny.ac.id/25240/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan perbedaan tingkat kemampuan menulis cerpen dengan media komik dan tanpa menggunakan media komik pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sentolo, (2) mendeskripsikan keefektifan penggunaan media komik dalam pembelajaran menulis cerpen siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sentolo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, yaitu eksperimen semu (quasi experimental) dengan control group design. Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu variabel bebas yang berupa media komik dan variabel terikat yang berupa keterampilan menulis cerpen siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sentolo dengan jumlah keseluruhan 124 siswa. Sampel dalam penelitian ini 62 siswa dengan rincian 31 siswa kelompok kontrol dan 31 siswa kelompok eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes, yaitu berupa tes menulis cerpen. Validitas instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas isi dengan dikonsultasikan kepada ahlinya (expert judgement). Uji reliabilitas menggunakan perhitungan rumus Alpha Cronbach. Sebelum dilakukan analisis data dengan uji-t maka dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil uji normalitas dan uji homogenitas maka instrumen yang digunakan bersifat normal dan homogen. Selanjutnya dapat dilakukan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan kemampuan menulis cerpen siswa yang menggunakan media komik dan kemampuan menulis cerpen tanpa menggunakan media komik. Perbedaan tersebut ditunjukkan dengan hasil Uji-t yang dilakukan dengan bantuan program SPSS versi 16. Hasil perhitungan Uji-t menunjukkan skor thitung 2,403dengan df 60 dan nilai p 0,019 < 0,05. Berdasarkan hal tersebut, maka media komik lebih efektif digunakan pada pembelajaran sastra di kelas VIII SMP Negeri 2 Sentolo. Y1 - 2012/10/22/ PB - Universitas Negeri Yogyakarta A1 - Septiandari, Kristiani ER -