@phdthesis{UNY25225, month = {December}, title = {KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN FEATURE KEMANUSIAAN PADA KORAN TEMPO SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENULIS NARASI SUGESTIF KELAS X SMA NEGERI 1 NGEMPLAK YOGYAKARTA}, author = {Iwan Supendi}, school = {Universitas Negeri Yogyakarta}, year = {2012}, keywords = {narasi sugestif, feature kemanusiaan, keefektifan, media pembelajaran}, url = {http://eprints.uny.ac.id/25225/}, abstract = {Ada dua tujuan mendasar yang ingin dicapai dalam penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk menguji (1) perbedaan kemampuan menulis narasi sugestif antara kelompok siswa yang diajar menggunakan feature kemanusiaan dan kelompok siswa yang diajar tanpa menggunakan media feature kemanusiaan dalam pembelajaran menulis narasi sugestif, dan (2) keefektifan media feature kemanusiaan dalam pembelajaran menulis narasi sugestif siswa kelas X SMA Negeri 1 Ngemplak Yogyakarta. Desain penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen dengan rancangan pretest-posttest control group design. Variabel dalam penelitian ini ada dua yaitu variabel bebas berupa media feature kemanusiaan dan variabel terikat berupa keterampilan menulis narasi sugestif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Ngemplak. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini kelas XB (eksperimen) dan kelas XC (kontrol). Uji reliabilitas instrumen menggunakan teknik Alpha Cornbach. Hasil perhitungan menunjukkan nilai Cronbach?s alpha adalah sebesar 0,839 ({\ensuremath{>}} 0,7), maka instrumen tersebut reliabel. Teknik analisis data dengan menggunakan uji-t untuk mengetahui perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil perhitungan uji-t yang dilakukan pada skor tes akhir (posttest) antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen menunjukkan bahwa (1) skor t hitung sebesar 9.306 dengan db 70 dan peluang galat sebesar 0,000. Skor t hitung lebih besar dibandingkan dengan t tabel, (th = 9.306 {\ensuremath{>}} tt = 1,980), dengan demikian menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol, (2) Skor p (peluang galat) lebih kecil dari taraf signifikansi 5\% (0,000 {\ensuremath{<}} 0,05). Hasil penghitungan tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran menulis narasi sugestif dengan menggunakan media feature kemanusiaan lebih efektif dari pada pembelajaran menulis narasi sugestif tanpa menggunakan media feature kemanusiaan.} }