%0 Thesis %9 S1 %A Suprapta %A Farida Mulyaningsih, %B PGSD Penjas %D 2015 %F UNY:25196 %I Fakultas Ilmu Keolahragaan %K senam lantai meroda, pendekatan bermain, siswa SD %T MENINGKATKAN MINAT SISWA DALAM MERODA DENGAN PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KALIDUREN KECAMATAN MOYUDAN KABUPATEN SLEMAN %U http://eprints.uny.ac.id/25196/ %X Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya minat siswa kelas V terhadap gerakan meroda. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat siswa kelas V dalam gerakan meroda dengan pendekatan bermain di SD Negeri Kaliduren Kecamatan Moyudan Kabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Kaliduren Kecamatan Moyudan Kabupaten Sleman yang berjumlah keseluruhan 26 siswa. Instrumen penelitian, yaitu: Rubrik Penilaian Kemampuan Meroda, dan Rubrik Penilaian Minat Siswa. Analisis data secara deskriptif kuantitatif dengan persentase. Indikator keberhasilan, yaitu: Hasil belajar siswa minimal sebanyak 80% dari total siswa tuntas dan peningkatan minat siswa dalam meroda dalam kategori „Berminat” dan “Sangat Berminat”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam keseluruhan sebanyak 4 kali pertemuan di dua siklus sudah dapat meningkatkan pembelajaran gerak dasar meroda, yaitu: (1) Hasil belajar gerak dasar meroda sebanyak 23 siswa dari keseluruhan 26 siswa atau sebesar 88,46% “tuntas” dalam mengikuti pembelajaran meroda dan sudah sesuai indikator keberhasilan, yaitu: KKM 75 dan minimal sebanyak 80% dari total siswa dalam satu kelas. (2) Peningkatan minat siswa telah sesuai dengan indikator keberhasilan, yaitu minimal sebanyak 80% dari total siswa dalam satu kelas masuk dalam kategori penilaian “Berminat” dan “Sangat Berminat”