eprintid: 25143 rev_number: 17 eprint_status: archive userid: 1290 dir: disk0/00/02/51/43 datestamp: 2015-08-20 02:30:19 lastmod: 2019-05-09 02:36:13 status_changed: 2015-08-20 02:30:19 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Nasiah, Siti title: Pengaruh Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Brain-Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Koneksi Matematis Siswa SMP Negeri 9 Yogyakarta ispublished: pub subjects: F4 divisions: pps_math full_text_status: public keywords: pendekatan brain-based learning, kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan koneksi matematis abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh pembelajaran matematika dengan pendekatan brain-based learning (BBL) terhadap kemampuan berpikir kreatif dan koneksi matematis siswa SMP Negeri 9 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang populasi adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Yogyakarta tahun pembelajaran 2013/2014 yang terdiri dari enam kelas. Dari enam kelas diambil secara acak dua kelas sebagai sampel. Kelas VIIIA diberi perlakuan dengan brain-based learning, sedangkan kelas VIIIB diberi perlakuan secara konvensional. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa soal kemampuan berpikir kreatif dan koneksi matematis dengan koefisien reliabilitas r = 0,734; 0,815 dan Standard Error of Measurement (SEM) = 1,140; 5,495. Data dianalisis menggunakan uji statistic Multivariate Analysis of Variance (MANOVA) dan Analysis of Variance (ANOVA). Hasil penelitian pada taraf signifikan 5% menunjukkan bahwa ada pengaruh pendekatan brain-based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif dan koneksi matematis pada siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Yogyakarta. Berdasarkan analisis yang dilakukan, pembelajaran matematika menggunakan pendekatan brain-based learning lebih unggul daripada pendekatan konvensional dalam hal kemampuan berpikir kreatif dan koneksi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Yogyakarta. date: 2015-07-25 date_type: published institution: UNY department: Program Pascasarjana thesis_type: tesis citation: Nasiah, Siti (2015) Pengaruh Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Brain-Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Koneksi Matematis Siswa SMP Negeri 9 Yogyakarta. S2 thesis, UNY. document_url: http://eprints.uny.ac.id/25143/1/tesis-siti-nasiah-11709251015.swf