eprintid: 25143
rev_number: 17
eprint_status: archive
userid: 1290
dir: disk0/00/02/51/43
datestamp: 2015-08-20 02:30:19
lastmod: 2019-05-09 02:36:13
status_changed: 2015-08-20 02:30:19
type: thesis
metadata_visibility: show
creators_name: Nasiah, Siti
title: Pengaruh Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Brain-Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Koneksi Matematis Siswa SMP Negeri 9 Yogyakarta
ispublished: pub
subjects: F4
divisions: pps_math
full_text_status: public
keywords: pendekatan brain-based learning, kemampuan berpikir kreatif  dan kemampuan koneksi  matematis
abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh pembelajaran matematika dengan pendekatan brain-based learning (BBL) terhadap kemampuan berpikir kreatif dan koneksi matematis siswa SMP Negeri 9 Yogyakarta.  
Penelitian ini merupakan  penelitian eksperimen semu yang populasi adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Yogyakarta  tahun pembelajaran 2013/2014 yang terdiri dari enam kelas. Dari enam kelas diambil secara acak dua kelas sebagai sampel. Kelas VIIIA diberi perlakuan dengan brain-based learning, sedangkan kelas VIIIB diberi perlakuan secara konvensional. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa soal kemampuan berpikir kreatif dan koneksi matematis dengan koefisien reliabilitas r = 0,734; 0,815 dan  Standard Error of Measurement (SEM) = 1,140; 5,495. Data dianalisis menggunakan uji statistic Multivariate Analysis of Variance (MANOVA) dan  Analysis of Variance (ANOVA).
Hasil penelitian pada taraf signifikan 5% menunjukkan bahwa ada pengaruh pendekatan brain-based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif dan koneksi matematis pada siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Yogyakarta. Berdasarkan analisis yang dilakukan, pembelajaran matematika menggunakan pendekatan brain-based learning  lebih unggul daripada pendekatan konvensional dalam hal kemampuan berpikir kreatif dan koneksi matematis siswa kelas VIII SMP  Negeri 9 Yogyakarta.
date: 2015-07-25
date_type: published
institution: UNY
department: Program Pascasarjana
thesis_type: tesis
citation:   Nasiah, Siti  (2015) Pengaruh Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Brain-Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Koneksi Matematis Siswa SMP Negeri 9 Yogyakarta.  S2 thesis, UNY.   
document_url: http://eprints.uny.ac.id/25143/1/tesis-siti-nasiah-11709251015.swf