%I UNY
%A Siti Nasiah
%T Pengaruh Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Brain-Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Koneksi Matematis Siswa SMP Negeri 9 Yogyakarta
%K pendekatan brain-based learning, kemampuan berpikir kreatif  dan kemampuan koneksi  matematis
%L UNY25143
%D 2015
%X Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh pembelajaran matematika dengan pendekatan brain-based learning (BBL) terhadap kemampuan berpikir kreatif dan koneksi matematis siswa SMP Negeri 9 Yogyakarta.  
Penelitian ini merupakan  penelitian eksperimen semu yang populasi adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Yogyakarta  tahun pembelajaran 2013/2014 yang terdiri dari enam kelas. Dari enam kelas diambil secara acak dua kelas sebagai sampel. Kelas VIIIA diberi perlakuan dengan brain-based learning, sedangkan kelas VIIIB diberi perlakuan secara konvensional. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa soal kemampuan berpikir kreatif dan koneksi matematis dengan koefisien reliabilitas r = 0,734; 0,815 dan  Standard Error of Measurement (SEM) = 1,140; 5,495. Data dianalisis menggunakan uji statistic Multivariate Analysis of Variance (MANOVA) dan  Analysis of Variance (ANOVA).
Hasil penelitian pada taraf signifikan 5% menunjukkan bahwa ada pengaruh pendekatan brain-based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif dan koneksi matematis pada siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Yogyakarta. Berdasarkan analisis yang dilakukan, pembelajaran matematika menggunakan pendekatan brain-based learning  lebih unggul daripada pendekatan konvensional dalam hal kemampuan berpikir kreatif dan koneksi matematis siswa kelas VIII SMP  Negeri 9 Yogyakarta.