%0 Thesis %9 S2 %A Candra, Alif aditya %B Program Pascasarjana %D 2015 %F UNY:25111 %I UNY %K multimedia interaktif, pendekatan saintifik, pembelajaran PKn %T Pengembangan Multimedia Interaktif dengan Pendekatan Saintifik untuk Pembelajaran PKn di SMP %U http://eprints.uny.ac.id/25111/ %X Penelitian ini bertujuan: (1) mengembangkan multimedia interaktif untuk pelajaran PKn, (2) menganalisis kelayakan multimedia interaktif untuk pembelajaran PKn dengan pendekatan saintifik, dan (3) menganalisis efektifitas multimedia interaktif dengan pendekatan saintifik untuk pembelajaran PKn. Jenis peneltian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D), yang dilakukan melalui empat tahap, yaitu analisis kebutuhan media, perencanaan pengembangan media, produksi/pengembangan media, dan validasi media. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 14 Yogyakarta. Responden dalam penelitian ini sebanyak 50 orang yang terdiri atas 2 orang validator, 5 siswa untuk uji coba satu-satu, 15 siswa untuk uji coba kelompok kecil, dan 30 siswa untuk uji coba lapangan. Aspek yang dinilai meliputi aspek media, aspek materi dan aspek pembelajaran. Data hasil penilaian dianalisis dengan teknik deskriptif kuatitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) produk multimedia interaktif dengan pendekatan saintifik pada pelajaran PKn SMP; (2) kualitas media berdasarkan validasi ahli media, dengan rata-rata 4,16 (baik), kualitas aspek materi pembelajaran berdasarkan validasi ahli materi mencapai rata-rata 3,95 (baik), berdasarkan penilaian siswa terhadap aspek media, aspek materi dan pembelajaran diperoleh rata-rata skor 4,13 (baik), dari rentang skor 5 (sangat baik). Sehingga dengan demikian media yang dikembangkan layak untuk digunakan; (3) hasil belajar kognitif siswa meningkat dari rata-rata 69,6 menjadi 93,1 (94,4%) (sangat baik). Hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa produk multimedia interaktif yang dikembangkan efektif digunakan untuk pembelajaran PKn dengan pendekatan saintifik