%L UNY24769 %K kajian kesesuaian, KTSP, bahasa jawa %X Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan atau menggambarkan: (1) kesesuaian buku teks “Sinau Basa Jawa Gagrag Anyar” SD kelas 2 dengan aspek keterampilan berbahasa yakni menyimak, berbicara, membaca, menulis dalam KTSP, (2) menggambarkan kesesuaian materi dalam buku ajar “Sinau Basa Jawa Gagrag Anyar” SD kelas 2 dengan KTSP. Sumber data penelitian ini adalah buku “Sinau Basa Jawa Gagrag Anyar” karangan Drs. Haryono, dkk. terbitan Yudhistira kelas 2 SD. Pengumpulan data penelitian ini dengan menggunakan metode baca dan catat. Instrumen yang digunakan adalah kartu data. Analisis kesesuaian buku ajar mata pelajaran Bahasa Jawa SD kelas 2 dilakukan secara deskriptif komparatif yaitu dengan membandingkan bahan ajar dengan kurikulum KTSP. Teknik penentuan keabsahan data menggunakan teknik intrareter. Kesimpulan hasil penelitian adalah (1) Standar Kompetensi yang terdapat dapat dalam buku “Sinau Basa Jawa Gagrag Anyar” sesuai dengan KTSP. Tingkat kesesuaian Standar Kompetensi yaitu rata-rata 100%, sangat sesuai. Kesesuaian Kompetensi Dasar dalam buku“Sinau Basa Jawa Gagrag Anyar” sesuai dengan KTSP. Rata-rata kesesuaian Kompetensi Dasar yaitu 100%, sangat sesuai. (2) Kesesuaian materi dalam buku “Sinau Basa Jawa Gagrag Anyar” dengan kurikulum KTSP dari aspek ketrampilan berbahasa rata-rata 25%. a) aspek menyimak sangat kurang sesuai, b) aspek berbicara sangat kurang sesuai, c) aspek membaca sangat kurang sesuai, dan d) aspek menulis sangat kurang sesuai. Kesesuaian materi buku teks “Sinau Basa Jawa Gagrag Anyar”dengan KTSP sangat kurang sesuai sebab dalam aspek keterampilan berbahasa pada setiap wulangan hanya satu materi saja yang sesuai dengan tema dalam KTSP. %A Rosit Arifin %I Universitas Negeri Yogyakarta %D 2013 %T KAJIAN KESESUAIAN BUKU AJAR “SINAU BASA JAWA GAGRAG ANYAR” DENGAN KTSP MATA PELAJARAN BAHASA JAWA SD KELAS 2