%0 Journal Article
%A Sunaryo, Soenarto
%A Ali Muhson, M. Pd.
%A Estu Miyarso, M.Pd
%A LPPM UNY,
%D 2012
%F UNY:24669
%J Artikel Penelitian Strategis Nasional (Stranas)
%K Pengembangan Unit Produksi Kreatif (UPK), Digital Videografis, Semangat Filantropy,   Siswa Kurang Mampu
%T Pengembangan Unit Produksi Kreatif Berbasis Digital Videografis   untuk Meningkatkan Semangat Filantropi Siswa Kurang Mampu
%U http://eprints.uny.ac.id/24669/
%X Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model pengembangan unit produksi  kreatif berbasis digital videografis guna meningkatkan semangat filantropi bagi siswa  kurang mampu.  Tujuan lain penelitian ini yaitu untuk menyalurkan potensi siswa di bidang  videografis agar lebih kreatif dan produktif sekaligus meningkatkan income generating  sekolahnya.   Metode penelitian ini menggunakan Research and Development.  Subjek dan lokasi  penelitian ini adalah SLTA di wilayah Yogyakarta.  Teknik sampling yang digunakan  adalah purposive sampling.  Prosedur pengembangan penelitian ini meliputi: analisis  kebutuhan, desain model, penilaian kelaikan model, uji coba model, implementasi, dan  diseminasi hasil. Teknik pengumpulan datanya yaitu: angket; wawancara; observasi; dan  dokumentasi.  Analisis data yang digunakan pada tahun pertama menggunakan analisis  deskriptis kuantitatif persentase dan kualitatif pada masing-masing data.     Secara umum hasil penelitian ini telah memenuhi target tahun pertama penelitian ini  yaitu menganalisis kebutuhan perlunya pengembangan model UPK di SMA.  Adapun  secara khusus hasil penelitian ini mendapatkan beberapa data yaitu:    (1) Data tentang  minat dan kebutuhan sekolah yang akan mengembangkan unit produksi kreatif berbasis  digital videografis di wilayah DIY baik dari siswa maupun pengelola sekolah rata-rata  menyatakan memerlukan kegiatan tersebut. (2) Berhasil disusun prototype model  pendidikan dan pelatihan dalam bentuk training of trainer (TOT). (3) elah  dihasilkankannya produk bahan ajar TOT unit produksi kreatif berbasis digital videografis  dengan nilai tingkat kelayakan rata-rata baik. (4) Telah tersusun instrumen evaluasi  kegiatan TOT dan dijaring data berdasarkan instrumen tersebut. (5) Telah terselenggaranya  kegiatan TOT dengan lancar dan efektif.
%Z Laporan Penelitian Strategis Nasional (Stranas) 2012