@phdthesis{UNY24643, title = {HUBUNGAN ANTARA RELIGIUSITAS DENGAN PENYESUAIAN DIRI DISEKOLAH PADA SISWA SMP NEGERI 3 PAKEM TAHUN AJARAN 2014/2015}, author = {Nunuk Nunuk Andriyanti}, month = {August}, year = {2015}, school = {Fakultas Ilmu Pendidikan}, url = {http://eprints.uny.ac.id/24643/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara variabel bebas yaitu Religiusitas dengan variabel terikat yaitu Penyesuaian Diri di Sekolah. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 3 Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Keseluruhan subjek berjumlah 54 siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis korelasional. Teknik pengambilan sampel penelitian dengan menggunakan teknik purposive stratified cluster quota random sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan skala religiusitas dan skala penyesuaian diri di sekolah. Uji validitas menggunakan expert judgement, sedangkan reliabilitas menggunakan teknik Alpha Cronbach dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,693 pada skala religiusitas dan 0,754 pada skala penyesuaian diri di sekolah. Analisis data menggunakan teknik korelasi product moment dari Karl Pearson dengan program SPSS 16 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan ada hubungan positif antara religiusitas dengan penyesuaian diri di sekolah pada siswa SMP Negeri 3 Pakem. Semakin tinggi tingkat religiusitas yang dimiliki siswa maka semakin tinggi tingkat penyesuaian diri di sekolahnya, nilai koefisien korelasi sebesar 0,353 dan nilai determinasi sebesar 0,124, ini berarti variabel religiusitas mempengaruhi variabel penyesuaian diri di sekolah sebesar 12,4\%. Berdasarkan hasil kategorisasi religiusitas menunjukkan bahwa siswa SMP Negeri 3 Pakem memiliki tingkat kategori sedang (75,93\%). Berdasarkan hasil kategorisasi penyesuaian diri di sekolah, menunjukkan hasil bahwa siswa SMP Negeri 3 Pakem memiliki tingkat penyesuaian diri yang sedang (64,81\%). Kata kunci: religiusitas, penyesuaian diri} }