%0 Thesis %9 S1 %A Shinta Larasaty Santoso, Shinta %B Psikologi Pendidikan dan Bimbingan %D 2015 %F UNY:24640 %I Fakultas Ilmu Pendidikan %T HUBUNGAN REGULASI DIRI DENGAN COPING STRES BERFOKUS MASALAH PADA PENGURUS ORMAWA FIP UNY %U http://eprints.uny.ac.id/24640/ %X Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan mahasiswa aktif FIP UNY yang berstatus sebagai pengurus Ormawa FIP UNY. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan regulasi diri dengan coping stres berfokus masalah pada pengurus Ormawa FIP UNY. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah kuantitatif korelasional. Sampel yang diambil sebanyak 87 mahasiswa. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik multi stage cluster random sampling. Instrumen yang digunakan adalah skala regulasi diri dan skala coping stres berfokus masalah. Skor validitas skala regulasi diri bergerak dari angka 0,364 sampai dengan 0,773, sedangkan skor validitas skala coping stres berfokus masalah bergerak dari angka 0,369 sampai 0,744. Nilai koefisien reliabilitas alpha (α) pada skala regulasi diri sebesar 0,917 sedangkan pada skala coping stres berfokus masalah sebesar 0,818. Analisis data dilakukan dengan teknik statistik product moment dari Pearson. Hasil analisis korelasi product moment menunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,618 dengan signifikansi 0,000 (sig<0,01) yang berarti terdapat hubungan positif dan sangat signifikan antara regulasi diri dengan coping stres berfokus masalah pada pengurus Ormawa FIP UNY. Hal tersebut berarti bahwa semakin tinggi regulasi diri pada pengurus Ormawa FIP UNY akan semakin tinggi pula coping stres berfokus masalahnya, dan sebaliknya semakin rendah regulasi diri pada pengurus Ormawa FIP UNY akan semakin rendah pula coping stres berfokus masalahnya. Koefisien determinasi sebesar 0,3819 yang berarti bahwa sumbangan variabel regulasi diri terhadap coping stres berfokus masalah sebesar 38,19%. Kata kunci: regulasi diri, coping stres berfokus masalah