%0 Thesis %9 S1 %A Rochmat Triyanto %A F. Suharjana, %B PGSD Penjas %D 2015 %F UNY:24637 %I Fakultas Ilmu Keolahragaan %K kesulitan, siswa, kategori, sedang %T TINGKAT KESULITAN DALAM PEMBELAJARAN SENAM LANTAI GULING BELAKANG SISWA KELAS V SD NEGERI 1 JAMBIDAN KECAMATAN BANGUNTAPAN KABUPATEN BANTUL %U http://eprints.uny.ac.id/24637/ %X Permasalahan dalam penelitian ini adalah terdapat 70% lebih siswa mengalami kesulitan guling belakang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesulitan dalam pembelajaran senam lantai guling belakang siswa kelas V SD Negeri 1 Jambidan kecamatan Banguntapan kabupaten Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode survei dan teknik pengambilan datanya menggunakan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 1 Jambidan. Jumlah siswa tesebut sebanyak 30 siswa. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi bagian total meghasilkan nilai 0,4878 dan uji reliabilitas instrumen menggunkan rumus Alpha Cronbach menghasilkan nilai 0,724. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif yang dituangkan dalam bentuk persentase tingkat kesulitan dalam pembelajaran senam lantai guling belakang siswa kelas V SD Negeri 1 Jambidan Banguntapan Bantul. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kesulitan siswa kelas V dalam pembelajaran senam lantai guling belakang di SD N 1 Jambidan Banguntapan Bantul adalah terdapat 2 siswa (6,7%) yang mengalami tingkat kesulitan pembelajaran guling belakang pada kategori sangat tidak sulit, 7 siswa (23,3%) berada pada kategori tidak sulit, 13 siswa (43,3%) berada pada kategori sedang, 5 siswa (16,7%) pada kategori sulit dan 3 siswa (10%) pada kategori sangat sulit. Apabila di lihat dari frekuensi tiap kategori, dapat disimpulkan bahwa kesulitan pembelajaran guling belakang siswa memiliki tingkat kesulitan pada kategori sedang dalam pembelajaran senam lantai guling belakang.