TY - THES M1 - skripsi ID - UNY24635 TI - UPAYA PENINGKATAN KEMATANGAN KARIR MELALUI METODE CAREER PORTFOLIO PADA SISWA KELAS X MIA 1 DI SMA N 1 BOYOLALI AV - restricted UR - http://eprints.uny.ac.id/24635/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui beberapa hal, yaitu: (1) mengetahui apakah kematangan karir siswa kelas X MIA 1 di SMA N 1 Boyolali dapat meningkat melalui metode career portfolio, (2) mengetahui proses metode career portfolio yang mampu meningkatkan kematangan karir siswa kelas X MIA 1 di SMA N 1 Boyolali. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif jenis penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Metode pengumpulan data menggunakan skala kematangan karir dan observasi. Subjek penelitian yaitu kelas X MIA 1 SMA N 1 Boyolali yang berjumlah 23 siswa. Penelitian ini menggunakan dua siklus. Kriteria keberhasilan yang ditetapkan adalah apabila 75% siswa memiliki kematangan karir yang tinggi. Metode career portfolio digunakan sebagai tindakan untuk meningkatkan kematangan karir siswa kelas X MIA 1. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kematangan karir melalui metode career portfolio. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan hasil skala kematangan karir pada pre-test, post-test siklus I dan siklus II serta hasil observasi. Hasil pre-test menunjukkan terdapat 14 (61%) siswa memiliki kematangan karir rendah, 3 (13%) siswa memiliki kategori kematangan karir sedang, dan 6 (26%) siswa memiliki kematangan karir tinggi dengan rata-rata skor 129,5. Setelah siklus I, diketahui siswa memiliki kematangan karir tinggi meningkat menjadi 16 (74%), 6 (26%) siswa memiliki kematangan karir tinggi. Setelah siklus II, diketahui siswa yang memiliki kematangan karir tinggi meningkat menjadi 18 (78%) dan siswa yang memiliki kematangan karir sedang 5 (22%) dengan rata-rata skor 169,3. Persentase siswa yang memiliki kematangan karir tinggi mencapai 78%. Kata kunci: kematangan karir, career portfolio Y1 - 2015/08/10/ PB - Fakultas Ilmu Pendidikan A1 - Ayu Rahmawati Prastiwi, Ayu ER -