TY - GEN N2 - Penelitian ini dimaksudkan untuk mengembangkan karakter anak melalui model komunikasi, informasi, dan edukasi (KIE) pada masyarakat marginal di kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian multiyears yang secara khusus bertujuan: (1) Menyusun model KIE untuk pengembangan karakter anak oleh orangtua pada keluarga marginal. (2) Menyusun buku pedoman sebagai pegangan orangtua untuk pengembangan karakter anak. (3) Meningkatkan kemampuan orangtua dalam mengembangkan karakter anak. (4) Mengimplementasikan pengembangan karakter anak melalui model KIE. (5) Mengimbaskan pengembangan karakter anak melalui model KIE dengan kebijakan pendidikan untuk Anak Usia Dini di lingkungan masyarakat marginal. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Developmet (R & D). Subjek penelitian adalah orang tua pada keluarga masyarakat marginal di kota Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, wawancara, dan studi dokumen, yang didukung focus group discussion (FGD) serta fieldnote/logbook. Data dianalisis secara kualitatif melalui data reduction, data display, dan reflection drawing/ verification. Pada tahun pertama pelaksanaan penelitian ini, dihasilkan: (1) Draft model KIE dalam bentuk flipchart KIE untuk pengembangan karakter anak; (2) Draft buku panduan bagi orang tua untuk pengembangan karakter anak; (3) Meningkatnya kesadaran masyarakat marginal tentang pentingnya pengembangan karakter positif bagi anak, sehingga di masa yang akan datang anak mampu mengatasi pengaruh liberalisasi/ individualisasi teradap sikap mental yang dimilikinya. Y1 - 2012/// N1 - Laporan Penelitian Strategis Nasional (Stranas) 2012 A1 - Farida, Hanum A1 - Arif, Rohman, M.Si A1 - Sisca, Rahmadonna TI - PENGEMBANGAN KARAKTER ANAK MELALUI MODEL KOMUNIKASI INFORMASI EDUKATIF (KIE) PADA MASYARAKAT MARGINAL DI KOTA YOGYAKARTA AV - public KW - Pengembangan karakter KW - model komunikasi informasi edukasi (KIE) KW - dan masyarakat marginal. ID - UNY24606 UR - http://eprints.uny.ac.id/24606/ ER -