eprintid: 24582
rev_number: 6
eprint_status: archive
userid: 1258
dir: disk0/00/02/45/82
datestamp: 2015-08-07 11:04:45
lastmod: 2015-08-07 11:04:45
status_changed: 2015-08-07 11:04:45
type: article
metadata_visibility: show
creators_name: Bambang, Subali
creators_name: Pujiati Suyata, Prof. Dr.
corp_creators: LPPM UNY
title: STANDARDISASI PENILAIAN HASIL BELAJAR POLA KONVERGEN DAN DIVERGEN BERBASIS SATUAN PENDIDIKAN PADA JENJANG SMA
ispublished: pub
subjects: subject_lppm
divisions: lppm
full_text_status: public
keywords: Standardisasi, penilaian, teori respons item/IRT, learning continuum, hasil belajar
note: Laporan Penelitian Strategis Nasional (Stranas) 2012
abstract: Penelitian ini bertujuan mengembangkan panduan standardisasi penilaian hasil belajar
pola  konvergen  dan divergen  menggunakan  penskalaan  berdasar  teori  respons  item/butir 
yang digunakan di SMA khususnya dalam  mata pelajaran Biologi dan Bahasa Indonesia. 
Untuk mencapai  target  tersebut, penelitian  ini mendasarkan  pada model riset dan
pengembangan  (research  and  development)  dengan  target  akhir  terdiseminasikannya hasil
riset pada tiga provinsi pada tahun kedua dan di tujuh provinsi pada tahun ketiga. Tahun I
merupakan  kegiatan riset, sudah berhasil disusun learning  continuum  sebagai abstract
continuum pengukuran melalui Focus  Group  Discussion  (FGD)  dan diseminarkan dengan  
mengundang    guru   peserta   penyusun   soal   disertai   dengan   penyusunan   panduan
pengembangan  instrumen  pola konvergen dan pola divergen serta penyusunan  panduan
analisis untuk standardisasi item menggunakan program QUEST. Kegiatan ini menggunakan uji
coba terpakai dengan mendasarkan pada bukti empiris telah diterapkannya pada 15 SMA untuk
mata   pelajaran Bahasa Indonesia, dan 15 SMA untuk mata pelajaran Biologi.   Target tahun II
tersosialisasikan  dan didiseminasikannya  panduan penilaian  hasil belajar pola konvergen  dan
divergen untuk mata pelajaran Biologi dan Bahasa Indonesia  di /SMA yang  terstandarkan 
menggunakan  penskalaan  IRT  pada  tiga  provinsi  demplot  (DIY, Kalbar, dan NTB) masingmasing

10
SMA
untuk
Biologi
dan
10
SMA
untuk
Bahasa
Indonesia.
Khusus
sosialisasi
ditambah

seorang
pengawas
dan
seorang
Kepala/Staf
Seksi
Kurikulum

SMA
Dinas
Pendidikan

setempat.


Target

tahun ketiga disosialisasikan  dan didiseminasikannya  hasil tahun II   kepada widya
iswara LPMP di tujuh provinsi (DIY, Jateng, Ba-Bel, Kalbar, Kalsel, Sulsel, dan NTB). 
Hasil  penelitian  yaitu  dihasilkan  learning  continuum  mata  pelajaran  Biologi  dan
mata  pelajaran  Bahasa  Indonesia  SMA  yang  dapat  dijadikan  acuan  untuk mengembangkan 
indikator dan ditindaklanjuti  dengan penyusunan  instrumen  pengukur hasil belajar di SMA.
Dihasilkan “Panduan Penyusunan  Item Tes Pola Konvergen dan Divergen”  yang sudah dapat
dijadikan pedoman guru menyusun instrumen hasil belajar dan telah diujicobakan di
sekolahnya masing-masing,  baik pada tahun pertama maupun oleh sebagian peserta
diseminasi pada tahun kedua. Dihasilkan “Panduan Analisis Item Menggunakan  Program 
QUEST:  Skala  Dikotomus,  Politomus,  dan  Kombinasinya” dengan pengantar bahasa Indonesia
sehingga dapat dijadikan pegangan bagi guru dalam melakukan analisis dan menginterpretasi
hasil analisis hasil ulangan harian/midsemester di sekolahnya. Bukti empiris menunjukkan
bahwa mulai dari penyusunan learning continuum, kisi-kisi dan soal yang disusun guru, analisis
hasil uji coba lapangan tahun I maupun pada kegiatan sosialisasi dan diseminasi tahun II para
guru di provinsi demplot sudah mampu  melakukan  penilaian  yang terstandarkan  secara
empiris.  Hasil tahun III para widya iswara sudah mampu mendalami kedua panduan setelah
mengikuti program sosialisasi  dan  diseminasi,  dan  diperolehnya  masukan-masukan  guna 
penyempurnaan akhir panduan untuk disebarluaskan secara luas kepada pihak-pihak
pengguna. Selain itu, para widya iswara sudah dapat mengerjakan tugas terstruktur analisis
item menggunakan IRT dengan benar.
date_type: published
publication: Artikel Penelitian Strategis Nasional (Stranas)
refereed: TRUE
funders: ditlitabmas
citation:   Bambang, Subali and Pujiati Suyata, Prof. Dr.   STANDARDISASI PENILAIAN HASIL BELAJAR POLA KONVERGEN DAN DIVERGEN BERBASIS SATUAN PENDIDIKAN PADA JENJANG SMA.  Artikel Penelitian Strategis Nasional (Stranas).       
document_url: http://eprints.uny.ac.id/24582/1/ABSTRAK.pdf