%0 Journal Article
%A Bambang, Subali
%A Pujiati Suyata, Prof. Dr.
%A LPPM UNY,
%F UNY:24582
%J Artikel Penelitian Strategis Nasional (Stranas)
%K Standardisasi, penilaian, teori respons item/IRT, learning continuum, hasil belajar
%T STANDARDISASI PENILAIAN HASIL BELAJAR POLA KONVERGEN DAN DIVERGEN BERBASIS SATUAN PENDIDIKAN PADA JENJANG SMA
%U http://eprints.uny.ac.id/24582/
%X Penelitian ini bertujuan mengembangkan panduan standardisasi penilaian hasil belajar  pola  konvergen  dan divergen  menggunakan  penskalaan  berdasar  teori  respons  item/butir   yang digunakan di SMA khususnya dalam  mata pelajaran Biologi dan Bahasa Indonesia.   Untuk mencapai  target  tersebut, penelitian  ini mendasarkan  pada model riset dan  pengembangan  (research  and  development)  dengan  target  akhir  terdiseminasikannya hasil  riset pada tiga provinsi pada tahun kedua dan di tujuh provinsi pada tahun ketiga. Tahun I  merupakan  kegiatan riset, sudah berhasil disusun learning  continuum  sebagai abstract  continuum pengukuran melalui Focus  Group  Discussion  (FGD)  dan diseminarkan dengan    mengundang    guru   peserta   penyusun   soal   disertai   dengan   penyusunan   panduan  pengembangan  instrumen  pola konvergen dan pola divergen serta penyusunan  panduan  analisis untuk standardisasi item menggunakan program QUEST. Kegiatan ini menggunakan uji  coba terpakai dengan mendasarkan pada bukti empiris telah diterapkannya pada 15 SMA untuk  mata   pelajaran Bahasa Indonesia, dan 15 SMA untuk mata pelajaran Biologi.   Target tahun II  tersosialisasikan  dan didiseminasikannya  panduan penilaian  hasil belajar pola konvergen  dan  divergen untuk mata pelajaran Biologi dan Bahasa Indonesia  di /SMA yang  terstandarkan   menggunakan  penskalaan  IRT  pada  tiga  provinsi  demplot  (DIY, Kalbar, dan NTB) masingmasing    10  SMA  untuk  Biologi  dan  10  SMA  untuk  Bahasa  Indonesia.  Khusus  sosialisasi  ditambah    seorang  pengawas  dan  seorang  Kepala/Staf  Seksi  Kurikulum    SMA  Dinas  Pendidikan    setempat.      Target    tahun ketiga disosialisasikan  dan didiseminasikannya  hasil tahun II   kepada widya  iswara LPMP di tujuh provinsi (DIY, Jateng, Ba-Bel, Kalbar, Kalsel, Sulsel, dan NTB).   Hasil  penelitian  yaitu  dihasilkan  learning  continuum  mata  pelajaran  Biologi  dan  mata  pelajaran  Bahasa  Indonesia  SMA  yang  dapat  dijadikan  acuan  untuk mengembangkan   indikator dan ditindaklanjuti  dengan penyusunan  instrumen  pengukur hasil belajar di SMA.  Dihasilkan “Panduan Penyusunan  Item Tes Pola Konvergen dan Divergen”  yang sudah dapat  dijadikan pedoman guru menyusun instrumen hasil belajar dan telah diujicobakan di  sekolahnya masing-masing,  baik pada tahun pertama maupun oleh sebagian peserta  diseminasi pada tahun kedua. Dihasilkan “Panduan Analisis Item Menggunakan  Program   QUEST:  Skala  Dikotomus,  Politomus,  dan  Kombinasinya” dengan pengantar bahasa Indonesia  sehingga dapat dijadikan pegangan bagi guru dalam melakukan analisis dan menginterpretasi  hasil analisis hasil ulangan harian/midsemester di sekolahnya. Bukti empiris menunjukkan  bahwa mulai dari penyusunan learning continuum, kisi-kisi dan soal yang disusun guru, analisis  hasil uji coba lapangan tahun I maupun pada kegiatan sosialisasi dan diseminasi tahun II para  guru di provinsi demplot sudah mampu  melakukan  penilaian  yang terstandarkan  secara  empiris.  Hasil tahun III para widya iswara sudah mampu mendalami kedua panduan setelah  mengikuti program sosialisasi  dan  diseminasi,  dan  diperolehnya  masukan-masukan  guna   penyempurnaan akhir panduan untuk disebarluaskan secara luas kepada pihak-pihak  pengguna. Selain itu, para widya iswara sudah dapat mengerjakan tugas terstruktur analisis  item menggunakan IRT dengan benar.
%Z Laporan Penelitian Strategis Nasional (Stranas) 2012