%L UNY24540 %O Laporan Penelitian Hibah Pascasarjana 2012 %A Prof., Ph.D. Pardjono %A Sugiyono Sugiyono %A Ph.D Prof. Soenarto %X Pendidikan kejuruan di Indonesia sedang mengalami perubahan pada orientasi kompetensi lulusannya (SKL). Pada dasarnya SMK bertujuan menyiapkan peserta didik untuk bekerja di dunia kerja. Namun saat ini lulusan SMK harus memiliki tiga kemampuan yang berbeda, yaitu bekerja, melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi, atau berwirausaha. Dengan demikian perlu upaya perubahan konsepsi dasar dan strategi pembelajarannya untuk memenuhi tiga kebutuhan kompetensi tersebut. Kebijakan lain yang juga berimplikasi pada perlunya perumusan reorientasi pendidikan kejuruan adalah kebijakan tentang peningkatan jumlah SMK menjadi 70% dibandingkan SMA yang hanya 30%. Kebijakan ini mengandung konsekuensi derivatif yang besar, terutama pada besarnya anggaran sekolah kejuruan, sementara kemampuan negara dalam menyediakan anggaran terbatas. Oleh karena itu sekolah kejuruan tidak hanya memerlukan perubahan tingkat praktis di lapangan tetapi pada tingkat paradigma. Perubahan paradigma memiliki arti perubahan mendasar yaitu meliputi dasar konseptual dan filosofi dari pendidikan kejuruan. Saat ini pendidikan harus lebih difokuskan pada outcome based bukan hanya output based. Pendidikan berbasis kompetensi yang lebih pada outputbased education harus diwarnai lain menjadi outcome based education. Dengan demikian penelitian ini menjadi jawaban yang tepat untuk merumuskan model pendidikan berbasis kompetensi untuk bidang vokasi atau kejuruan. %T IMPLEMENTASI PENDIDIKAN BERBASIS KOMPETENSI PADA SMK DALAM MERESPON PERUBAHAN BIDANG KETENAGA KERJAAN %D 2012 %J Artikel Penelitian Hibah Pascasarjana