TY - THES TI - EVALUASI KESESUAIAN JUMLAH PENDUDUK USIA SEKOLAH DAN FASILITAS PENDIDIKAN DI KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2011 AV - public ID - UNY24527 M1 - skripsi UR - http://eprints.uny.ac.id/24527/ Y1 - 2012/// N2 - Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui persebaran fasilitaspendidikan di Kota Yogyakarta. (2) Mengetahui kesesuaian fasilitas pendidikandengan Permendiknas No.24 tahun 2007 di Kota Yogyakarta. (3) Menganalisiskesesuaian jumlah penduduk usia sekolah dan fasilitas pendidikan SD, SMP, dan SMA di wilayah kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian inidilaksanakan di Kota Yogyakarta dengan waktu penelitian Mei s/d Juni 2012.Populasi dalam penelitian ini adalah semua fasilitas dasar (SD) dan menengah(SMP, SMA) serta seluruh penduduk usia sekolah (SD, SMP,SMA) yang kesemuanya dijadikan sebagai subyek penelitian. Teknik pengumpulan data dalampenelitian ini adalah teknik dokumentasi untuk mendapatkan data sekunder.Adapun teknik pengolahan dan analisis dalam penelitian ini meliputi analisisketersediaan fasilitas pendidikan dan Angka Partisipasi Sekolah (APS), yangselanjutnya dapat digunakan untuk menganalisis kesesuaian jumlah pendudukuksia sekolah dengan fasilitas pendidikan di Kota Yogyakarta. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Persebaran Sekolah Dasarcenderung merata. Persebaran Sekolah Menengah Pertama kurang merataterutama di wilayah barat dan timur, sedangkan persebaran Sekolah MenengahAtas cukup merata meskipun jarak antar sekolah jauh. (2) Kesesuaian fasilitaspendidikan dengan Permendiknas No.24 Tahun 2007 Tentang Standar Sarana danPrasarana Untuk Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI), Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs), dan Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA) di Kota Yogyakarta untuk tingkat SD sebagianbesar termasuk klasifikasi kurang baik, untuk tingkat SMP didominasi klasifikasibaik, dan untuk tingkat SMA didominasi klasifikasi baik. (3) Jumlah pendudukusia sekolah dengan fasilitas pendidikan di Kota Yogyakarta untuk tidak SD tidaksesuai karena APK dan APM mencapai angka ideal yaitu 160,127% dan 134,36%namun fasilitas pendidikan yang ada didominasi oleh klasifikasi kurang baik, untuk tingkat SMP terdapat kesesuaian karena fasilitas pendidikan yang adadidominasi oleh klasifikasi baik dengan APK mencapai 119,929% dan APMsebesar 93,17%, sedangkan untuk tingkat SMA tidak sesuai karena fasilitaspendidikan yang ada didominasi oleh klasifikasi baik sedangkan nilai APK dan APM tidak mencapai angka ideal (100%). Kata Kunci : Kesesuaian, Fasilitas Pendidikan, Angka Partisipasi Sekolah. PB - Fakultas Ilmu Sosial A1 - Shafira, Himayah ER -