%0 Thesis %9 S2 %A Gerhastuti, Widyana cahyaning %B Program Pascasarjana %D 2015 %F UNY:24509 %I UNY %K model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), membaca cerita, menulis cerita %T Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca dan Menulis Cerita di Kelas V SD Se Gugus Patimura Kecamatan Mungkid, Magelang %U http://eprints.uny.ac.id/24509/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam pembelajaran keterampilan membaca dan menulis cerita siswa kelas V SD. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain pretest-postest nonequivalent group design. Penelitian ini menggunakan dua kelompok eksperimen dan satu kelompok kontrol. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD se Gugus Patimura Kecamatan Mungkid, Magelang. Penentuan sampel dilakukan menggunakan simple random sampling technique. Kelas V SD Negeri Mungkid 1, Kelas VB SD Negeri Ambartawang dan Kelas VA SD Negeri Bojong dipilih sebagai sampel penelitian. Kelas V SD Negeri Mungkid 1 dan SD Negeri kelas VB Ambartawang sebagai kelas eksperimen mengikuti pembelajaran CIRC dan kelas VA SD Negeri Bojong sebagai kelas kontrol yang tidak mengikuti pembelajaran CIRC. Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran CIRC, data dianalisis menggunakan uji-t, dengan bantuan program komputer SPSS 19 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran CIRC berpengaruh positif dan signifikan dalam pembelajaran keterampilan membaca cerita di kelas V SD dengan taraf signifikan menunjukkan 0,000<0,05. pembelajaran CIRC berpengaruh positif dan signifikan dalam pembelajaran keterampilan menulis cerita di kelas V SD dengan taraf signifikansi meunjukkan 0,000<0,05