@phdthesis{UNY24493, author = {Nugroho Deni Arif}, title = {STRATEGI PEMASARAN TANAMAN HIAS DI DUSUN BOJONG DESA GIYANTI KECAMATAN CANDIMULYO KABUPATEN MAGELANG}, school = {Fakultas Ilmu Sosial}, year = {2012}, url = {http://eprints.uny.ac.id/24493/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengelolaan tanaman hias. (2) Cara mengatasi hambatan dalam usaha tani tanaman hias. (3) Mengetahui strategi pemasaran tanaman hias di Dusun Bojong Desa Giyanti Kecamatan Candimulyo Kabupaten Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini terdiri dari 35 responden petani tanaman hias. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Analisis yang di gunakan tabel frekuensi dan analisis SWOT.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Pengelolaan tanaman hias meliputi pembibitan, penanaman, pemupukan, perawatan, pengairan, penyulaman, membasmi hama dan pemanenan. (2) Cara mengatasi hambatan dalam mengembangkan tanaman hias a) Modal: Memaksimalkan bantuan kredit yang diberikan pemerintah, b) Tenaga kerja: Mengikuti seminar atau penyuluhan-penyuluhan baik yang dilakukan pemerintah atau pihak swasta yang berkaitan agar dapat berinovasi, c) Tehnologi: Menggunakan alat-alat pertanian yang lebih canggih, (3) Strategi pemasaran tanaman hias yang di ajukan sebagai bahan masukan dan pertimbanagan tanaman hias antara lain: a) Memanfaatkan ketenaran daerahnya sebagai ajang promosi, b) Memanfaatkan tehnologi untuk pelayanan, c) Perluasan pangsa pasar, d) Mengembangkan saluran distribusi, e) Mempertahankan pelanggan, e) Meningkatkan promosi, f) Meningkatkan kualitas tanaman hias, g) Memperhatikan kualitas pelayanan. Kata kunci: Usaha Tani, Tanaman Hias.} }