TY - UNPB UR - http://eprints.uny.ac.id/24385/ ID - UNY24385 TI - PENGEMBANGAN E-LEARNING BERBASIS MOODLE PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) BAGI SISWA KELAS V SD NEGERI KOTAGEDE 1 A1 - Dwi Basuki, Ginanjar PB - Universitas Negeri Yogyakarta N2 - Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk Elearning berbasis moodle pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam yang layak bagi siswa kelas V di SD Negeri Kotagede 1 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development). Proses penelitian pengembangan ini dilaksanakan dengan beberapa tahapan yang diadopsi dari model penelitian pengembangan Borg & Gall. Adapun langkah-langkah tersebut yaitu: Penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan penelitian, pengembangan produk awal, uji lapangan awal yang melibatkan 4 siswa, revisi hasil uji lapangan awal, uji lapangan lebih luas melibatkan 8 siswa, revisi uji lapangan, uji kelayakan yang melibatkan 26 siswa, dan revisi hasil kelayakan Subjek uji coba dalam penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Kotagede 1 Yogyakarta. Data dikumpulkan melalui angket dan observasi saat uji coba, kemudian data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditinjau dari aspek pembelajaran, materi, tampilan, dan aspek pemrograman, kualitas e-learning berbasis moodle yang dikembangkan dikategorikan sangat baik dengan persentase 87,6%. Dengan demikian, dari hasil uji pelaksanaan lapangan yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa e-learning berbasis moodle pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam bagi siswa kelas V SD Negeri Kotagede I, dengan materi ?pesawat sederhana? sudah layak digunakan oleh siswa SD Negeri Kotagede I sebagai salah satu sumber belajar baik secara individu maupun kelompok. Y1 - 2015/07/27/ M1 - skripsi AV - restricted ER -