%0 Thesis %9 S1 %A Way Reza, Dela %B Fakultas Ilmu Pendidikan %D 2015 %F UNY:24384 %I Universitas Negeri Yogyakarta %T PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS III SDN GARUNG WONOSOBO %U http://eprints.uny.ac.id/24384/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh multimedia pembelajaran IPA dengan materi ciri-ciri dan kebutuhan mahluk hidup, kesehatan lingkungan, berbagai sifat benda terhadap hasil belajar siswa kelas III SDN Garung Wonosobo. Metode penelitian ini adalah quasi eksperiment. Desain yang digunakan adalah pre-test post-test control group desain. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan tes dan pedoman wawancara. Uji validitas dan Realibitas soal dilaksanakan di kelas III SD Negeri Karangasem, Condongcatur, Sleman dengan perhitungan kurikulum yang digunakan sama. Prosedur pelaksanaan eksperimen yakni tahap pra eksprimen, tahap eksperimen dan pasca eksperimen. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan bantuan SPSS for Windows ver. 16.0.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh multimedia pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas III SDN Garung Wonosobo. Hal ini terlihat dari rata-rata nilai pre-test siswa sebelum diberi treatment sebesar (58,7) setelah diberikan treatment hasil belajar mengalami peninggkat sebesar (25,8) yang menunjukan hasil (84,5) pada hasil post-test, dengan ketuntasaan ini menunjukan bahwa penggunaan multimedia mampu memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar hal tersebut terlihat dari mengingkatnya presentase ketuntasan siswa sebesar (93,27%). Maka dapat dikatakan bahwa multimedia memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas III SDN 2 Garung Wonosobo.