@phdthesis{UNY24381, month = {July}, title = {EFEKTIVITAS METODE SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW) TERHADAP KEMAMPUAN READING COMPREHENSION WACANA BAHASA INGGRIS SISWA KELAS X SEMESTER GENAP SMA NEGERI 6 YOGYAKARTA}, author = {Anisa Agustina}, school = {Universitas Negeri Yogyakarta}, year = {2015}, url = {http://eprints.uny.ac.id/24381/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) terhadap kemampuan reading comprehension wacana bahasa Inggris siswa kelas X Semester Genap SMA Negeri 6 Yogyakarta. Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen, dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X8 yang berjumlah 23 siswa sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas X9 yang berjumlah 23 siswa sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes (pre-test dan post-test), metode observasi, dan dokumentasi. Validitas butir instrumen tes diuji menggunakan korelasi product moment, sedangkan untuk reliabilitas instrumen diuji menggunakan rumus K-R 20. Analisis data dilakukan secara kuantitatif yakni menggunakan perhitungan uji-t (t-test). Hasil penelitian menunjukkan hasil uji-t skor pre-test (tes awal) diperoleh nilai thitung lebih kecil dari ttabel (0,127 {\ensuremath{<}} 2,021) dan memperoleh taraf signifikansi lebih besar dari 0,05 (0,900 {\ensuremath{>}} 0,05), sehingga Hipotesis Nol (H0) ditolak dan Hipotesis Alternatif (Ha) diterima. Terdapat perbedaan rata-rata skor pre-test antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sebesar 0,347. Sedangkan, hasil uji-t pada skor posttest diperoleh nilai thitung lebih besar dari ttabel (4,485 {\ensuremath{>}} 2,021) dan memperoleh taraf signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,000 {\ensuremath{<}} 0,05) sehingga Hipotesis Nol (H0) ditolak dan Hipotesis Alternatif (Ha) diterima. Terdapat perbedaan rata-rata antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sebesar 6,956. Hal ini diperkuat dengan hasil observasi siswa kelas X SMA Negeri 6 Yogyakarta ketika proses pembelajaran berlangsung yang menunjukkan penggunaan metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) efektif dan unggul terhadap kemampuan reading comprehension siswa.} }