TY - JOUR TI - MANAJEMEN INFORMASI DAN PENGETAHUAN DALAM PEMBANGUNAN PEMBANGUNAN PENDIDIKAN DAERAH JF - Artikel Penelitian Hibah Kompetensi Y1 - 2012/// N2 - Penelitian ini bertujuan menemukan kebutuhan pengembangan model evaluasi yang cocok untuk mengembangkan manajemen berbasis pengetahuan pada pembangunan pendidikan daerah kabupaten/kota. Dari perspektif manajemen berbasis pengetahuan ada tiga level lingkungan yaitu: 1) lingkungan pelaksanaan tugas rutin, 2) lingkungan proses pengetahuan, dan tertinggi 3) lingkungan manajemen pengetahuan. Asesmen kebutuhan ini dilakukan di lima kabupaten/kota di Daerah Istimewa Yogyakarta, dilakukan dengan survey menggunakan angket tertutup dan terbuka, dikomplementasikan dengan FGD untuk klarifikasi dan triangulasi. Sebagai sumber informasi adalah jajaran Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota; dan FGD dilakukan di masing-masing dinas sehingga berjalan intensif. Penelitian asesmen kebutuhan ini menghasilkan kesimpulan: 1) Pada umumnya jajaran dinas pendidikan melaporkan bahwa dari berbagai indikator manajemen berbasis pengetahuan kinerja dinas masih pada posisi kurang dan cukup. 2) Pada kasus tertentu cenderung overestimate, sehingga menghasilkan temuan yang menunjukkan bahwa lingkungan level ? 3 tertinggi, diikuti level ? 2 dan terendah baru level ? 1. Hal ini mengindikasikan terbatasnya pemahaman tentang manajemen berbasis pengetahuan; karena kalau level ? 3 tinggi seharusnya banyak kebijakan yang inovatif. Oleh karena itu disarankan: 1) peningkatan pemahaman wawasan mengenai manajemen berbasis pengetahuan; dan hal ini terkait dengan saran berikutnya 2) peningkatan kinerja dinas pendidikan kabupaten/kota. ID - UNY24371 N1 - Laporan Penelitian Hibah Kompetensi 2012 A1 - Sumarno, Sumarno A1 - Hiryanto, M.Si., Hiryanto, M.Si. A1 - ENTOH, TOHANI AV - public UR - http://eprints.uny.ac.id/24371/ KW - manajemen berbasis pengetahuan KW - pembangunan pendidikan daerah ER -